Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/834
Title: Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di MTs Ma'arif NU Kota Malang
Authors: Nuraini, Indah Ayu
Keywords: Metode Pembelajaran Mind Mapping
Akidah Akhlak
Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 27-Jun-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pembelajaran Akidah Akhlak sering tidak diperhatikan oleh karena berkaitan dengan perilaku, sehingga siswa tidak terlalu tertarik terlebih jika dalam mengajarnya monoton tanpa ada variasi metode. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Ma'arif NU Kota Malang masih banyak siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan guru dengan baik, hal tersebut disebabkan karena guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang mana guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa ada peran siswa sehingga siswa merasa jenuh dan kurang tertarik, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak rendah. Pada kondisi tersebut perlu diberikan tindakan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik yaitu metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta hasil belajar siswa. metode pembelajaran Mind Mapping merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran siswa sehingga tidak hanya guru yang aktif memberikan penjelasan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Ma'arif NU Kota Malang. Dalam mencapai penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tahap pra siklus, merupakan awal pelaksanaan penelitian ini. dengan berdasarkan hasil penilaian harian yang dilakukan setelah proses pembelajaran oleh guru mata pelajaran menunjukkan bahwa dari 21 siswa yang ada hanya 10 siswa yang mendapat nilai mencapai KKM atau minimal 75 dengan persentase 47,61%. Sedangkan 11 siswa lainnya masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar dengan persentase 52,38%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang belum mencapai KKM lebih tinggi daripada yang telah mencapai KKM. Pada siklus I, dalam menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping guru hanya mamapu melaksanakan 18 indikator dari 21 indikator yang ada pada RPP dengan persentase sebesar 85,7% mendapat kriteria baik. Namun masih perlu ditingkatkan lagi agar penerapan metode pembelajaran maksimal. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari pra siklus namun masih belum mencapai ketuntasan yang diharapkan. Siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa dan 6 siswa lainnya masih belum mencapai KKM. Hasil belajar siswa klasikal pada siklus I sebesar 71,42% dengan nilai rata-rata 80. Maka masih perlu perbaikan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II, guru sudah menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dengan maksimal. Dari 21 indikator yang ada guru mampu melaksanakan secara keseluruhan dengan persentase perolehan sebesar 100% kriteria sangat baik. sehingga terdapat peningkatan dari siklus I sebesar 14,3%. Sehingga pada siklus ini guru sudah mampu menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping mada mata pelajaran akidah akhlak dengan baik. hasil belajar siswapun meningkat dari 21 siswa yang ada sudah memperoleh nilai sesuai KKM atau minimal 75 secara keseluruhan. Hasil belaja siswa dari siklus I meningkat sebesar 28,6 pada siklus II sehingga ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelaas IX pada mata pelajaran akidah akhlak. Dalam kegiatan pembelajaran hendaknya guru memilih metode pembelajaran yang tepat dengan menyesuaikan situasi dan kondisi siswa, karena pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IX, serta dalam penerapan metode tersebut harus maksimal karena dalam pembelajaran terdapat timbal balik antara aktifitas guru dengan aktifitas siswa. sehingga keduanya harus saling memaksimalkan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/834
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
INDAH AYU NURAINI 21601011130.pdfCOVER - ABSTRAK - BAB PENDAHULUAN - BAB PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.