Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8417
Title: Implementasi Literasi visual pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas Tinggi di SD Negeri 3 Bandungrejo
Authors: Wulandari, Puput Tri
Keywords: Implementasi
Literasi Visual
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Issue Date: 19-Aug-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Fenomena perkembangan teknologi membawa pembaharuan bagi masyarakat yang ditandai dengan adanya penggunaan media digital pada kegiatan sehari-hari.Salah satu peranan penting Literasi visual yakni dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pembelajaran yang harus ada pada setiap jenjang pendidikan. Fokus penelitian yakni tentang karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Pendekatan dan jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini juga bertujuan untuk mencari teori dengan peneliti terlibat langsung ke lapangan. Sehingga data yang disajikan akan mendeskripsikan hasil secara lebih jelas, sesuai, dan tanpa direkayasa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan pengisian angket serta dilengkapi dengan data data penelitian terdahulu dari buku, jurnal maupun referensi lainnya. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa siswa memiliki karakteristik aktif serta memiliki rasa ingin tahu lebih tinggi pada pembelajaran yang menggunakan visualitas sehingga siswa cenderung memiliki gaya belajar visual. Sedangkan metode yang digunakan merupakan metode variatif berupa kombinasi antara metode satu dengan yang lain karena cocok pada pembelajaran voli dengan penerapan Literasi visual. Hal ini dikarenakan metode demonstrasi melibatkan keaktifan siswa melalui peragaan secara langsung. Literasi visual yang diterapkan pada pembelajaran voli, siswa menjadi lebih aktif dan mampu memvisualkan gerakan ke dalam bentuk gambar. Sehingga hasil belajar siswa cenderung lebih aktif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa adanya visualisasi. Fenomena perkembangan teknologi membawa pembaharuan bagi masyarakat yang ditandai dengan adanya penggunaan media digital pada kegiatan sehari-hari.Salah satu peranan penting Literasi visual yakni dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pembelajaran yang harus ada pada setiap jenjang pendidikan. Fokus penelitian yakni tentang karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Pendekatan dan jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini juga bertujuan untuk mencari teori dengan peneliti terlibat langsung ke lapangan. Sehingga data yang disajikan akan mendeskripsikan hasil secara lebih jelas, sesuai, dan tanpa direkayasa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan pengisian angket serta dilengkapi dengan data data penelitian terdahulu dari buku, jurnal maupun referensi lainnya. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa siswa memiliki karakteristik aktif serta memiliki rasa ingin tahu lebih tinggi pada pembelajaran yang menggunakan visualitas sehingga siswa cenderung memiliki gaya belajar visual. Sedangkan metode yang digunakan merupakan metode variatif berupa kombinasi antara metode satu dengan yang lain karena cocok pada pembelajaran voli dengan penerapan Literasi visual. Hal ini dikarenakan metode demonstrasi melibatkan keaktifan siswa melalui peragaan secara langsung. Literasi visual yang diterapkan pada pembelajaran voli, siswa menjadi lebih aktif dan mampu memvisualkan gerakan ke dalam bentuk gambar. Sehingga hasil belajar siswa cenderung lebih aktif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa adanya visualisasi. Kata Kunci : Implementasi, Literasi visual, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8417
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.