Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8458
Title: ¬Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Kantor Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis)
Authors: Damayanti, Alfina
Keywords: Pelayanan Publik
Kualitas Pelayanan
Fakor Pendukung
Faktor Penghambat
Issue Date: 5-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui (1) kualitas pelayanan publik di administrasi kependudukan (Studi Kasus Kantor Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis), (2) Faktor pendukung dan Faktor Penghambat kualitas pelayanan publik di administrasi kependudukan (Studi Kasus Kantor Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis) Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menaganilisis kualitas pelayanan publik di administrasi kependudukan (Studi Kasus Kantor Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada analisis data yang digunakan oleh Peneliti yakni didasarkan pada teori kualitas pelayanan publik menurut Zithmal, Parasuraman & Berry (198:23) yang terdiri dari 10 indikator dimensi yakni Tangibles, Reliability, Responsiveneess, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communication, Understanding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi (1) kualitas pelayanan publik di administrasi kependudukan (Studi Kasus Kantor Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis) berdasarkan dimensi yakni dari segi Tangible yakni adanya computer, papan informasi yang masih lama, dan kursi tunggu yang kurang memadai, Reability kemampuan pegawai sudah baik dalam melayani, Responsiviness yakni kesigapan pegawai sudah baik, Comeptence yakni pegawai sudah berkompeten, Courtesy yakni sudah sopan santun dan ramah, Credibility yakni pegawai sudah baik, Security yakni sudah aman, Access yakni mudah dijangkau dan pegawai ditemui, Communication yakni pemberian informasi yang kurang baik, Understanding yakni pegawai sudah memahami, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat kualitas pelayanan publik di administrasi kependudukan (Studi Kasus Kantor Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis), yakni dari segi Faktor Pendukung yaitu tersedianya ATK yang memadai, adanya computer dan printer, kemajuan teknologi, staff pelayanan yang berkualitas, dan disediakan 2 staff untuk bagian pelayanan, tidak adanya biaya dalam mengurus dokumen. Sedangkan Faktor Penghambat yaitu luas kantor yang tidak besar, kurang SDM, masyarakat yang maish kurang memahami akan syarat dan prasyarat dan juga prosedur yang harus dilakukan. Saran peneliti yakni ditambahkan kursi tunggu atau diganti dengan kursi besi, disediakan banner mengenai alur dan juga pembaharuan banner mengenai syarat dan prasyarat. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Fakor Pendukung, Faktor Penghambat
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8458
Appears in Collections:UT - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FIA_21901091089_ALFINA DAMAYANTI.pdfPublish2.47 MBAdobe PDFView/Open
¬KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.