Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8583
Title: Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Tematik di MI Nurul Ulum
Authors: Hakimah, Nabilah Ilmi
Keywords: Pemanfaatan
Audio-Visual
Tematik
Issue Date: 8-Aug-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dalam era digital ini perkembangan iptek telah memberikan dampak yang signifikan terhadap semua bidang manusia, termasuk bidang pendidikan. Oleh karena itu, seharusnya bidang pendidikan dapat memanfaatkan perkembangan iptek untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Hal tersebut yang melatarbelakangi MI Nurul Ulum untuk selalu mengembangkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan. Berdasarkan observasi awal, bahwasanya pembelajaran tematik membutuhkan media yang dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif dan efisien serta dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi yang dibahas. Pembelajaran dengan media yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran yang mereka pelajari. Proses pembelajaran dengan media yang kreatif dan inovatif dilakukan agar pembelajaran tidak terlihat kurang menarik, membosankan, dan monoton. Salah satu media yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran adalah media audio-visual. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang perencanaan dalam penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran tematik, proses penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran tematik, dan hasil dari penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran tematik, untuk mengetahui penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran tematik, dan untuk mengetahui hasil penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran tematik. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasusu. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya-jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu pencarian data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, buku, jurnal, dan sebagainya. Dalam penelitian ini, upaya guru dalam melakukan pembelajaran mulai dari perencanaan dengan menyusun RPP dan mencari atau membuat video pembelajaran, proses penggunaan media audio-visual sesuai dengan rancangan dari RPP yang sudah disusun, dan hasil dari pembelajaran dengan media audio-visual berupa video pelajaran tersebut. Dan berdasarkan usaha-usaha didapatkan hasil temuan penelitian bahwasanya guru sudah memanfaatkan media audio-visual dalam pembelajaran tematik berupa video yang dapat ditemukan di internet atau guru dapat membuat sendiri video tersebut, sebelum pelaksanaan pembelajaran guru sudah menyusun RPP yang dapat memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual ini guru mempratikkan sesuai dengan apa yang sudah disusun dalam RPP sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan mudah dan efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil dari pembelajaran tematik dengan media audio-visual ini meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat antusias serta semangat baik selama proses pembelajaran maupun setelah proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mendukung usaha-usaha diatas yakni adanya dukungan dari semua pihak, lembaga/yayasan, guru, siswa, dan lingkungan sosial sehingga semua dapat berjalan dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang menghambat usaha-usaha tersebut adalah semua faktor yang menghambat baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagaimana langkah kedepan dari MI Nurul Ulum dalam mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran yang lebih baik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat memadukan dan menggabungkan berbagai media pembelajaran yang dapatmeningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.   Kata Kunci: Pemanfaatan, Audio-Visual, Tematik
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8583
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21901013106_NABILAH ILMI HAKIMAH.pdfPublish2.23 MBAdobe PDFView/Open
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ULUM.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.