Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8840
Title: Implementasi Reward and Punishment dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas V MI Al Maarif 02 Singosari Malang
Authors: Wijaya, Hengki Vicky
Keywords: Implementasi
Reward
Punishment
Motivasi Belajar
Issue Date: 3-Oct-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Motivasi belajar siswa menjadi perhatian penting bagi guru agar siswa mampu belajar secara optimal dan dapat mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Rendahnya motivasi belajar siswa menjadi suatu permasalahan yang kerap dihadapi guru di sekolah sehingga guru dituntut untuk memiliki usaha ekstra meningkatkan motivasi belajar dengan berbagai metode dan strategi belajar yang menarik. Di MI Al Maarif 02 Singosari Malang telah menerapkan reward and punishment sebagai salah satu strategi yang bisa diimplementasikan untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar siswa. Sebagai reinforcement pemberian reward and punishment dianggap efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Al Maarif 02 Singosari Malang terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahunan Alam (IPA) kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan penerapan reward and punishment yang dilakukan guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Al Maarif 02 Singosari Malang serta untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaan reward and punishment dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Al Maarif 02 Singosari Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data primer yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian studi kasus dengan metode pengumpulan data diantaranya wawancara yaitu pengumpulan data dengan cara interview atau tanya jawab antara peneliti dan subjek penelitian, observasi yaitu proses pengamatan langsung dan sistematis terhadap fenomena yang diteliti dan dokumentasi yaitu proses pengumpulan data dan pencatatan data terkait informasi yang relevan berupa foto, catatan dan sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam penelitian ini, guru merencanakan dan menerapkan reward and punishment yang melibatkan pemberian hadiah dan hukuman (konsekuensi) sebagai stimulus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Perencanaan dilakukan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat serta memilah bentuk-bentuk reward and punishment yang akan diberikan. Selanjutnya, strategi ini diimplementasikan dalam pembelajaran IPA kelas V yang mana siswa yang paling berprestasi, aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mampu menjawab pertanyaan guru akan diberi hadiah, apresiasi dan pujian sedangkan siswa yang melanggar peraturan kelas, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), mengganggu temannya atau berkata kotor akan diberi peringatan terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapat konsekuensi sebagai punishment karena telah melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi reward and punishment cukup efektif untuk diterapkan sebagai salah satu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di MI Al Maarif 02 Singosari Malang. Dampak positif dari penerapan strategi ini ada beberapa hal diantaranya motivasi siswa meningkat ketika mendapat reward atau ketika siswa melihat temannya mendapat punishment, perilaku positif siswa semakin meningkat sedangkan perilaku negatif cenderung menurun, dapat membangun kepercayaan dan komunikasi positif antara guru dan siswa, siswa menjadi lebih bertanggung jawab, disiplin dan berakhlak mulia. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan akibat dari penerapan reward and punishment ini adalah siswa memiliki sifat tamak untuk selalu mendapat hadiah, motivasi siswa berubah karena pemberian hadiah yang berlebihan, dan motivasi siswa menurun ketika punishment yang diberikan mempengaruhi fisik dan psikologi siswa. Solusi untuk mengatasi dampak negatif ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum strategi ini diterapkan dalam pembelajaran diantaranya, tidak memberikan reward berupa benda berharga, tidak memberikan punishment yang dapat mempengaruhi fisik dan psikologi siswa, dan memberikan reward and punishment secara adil dan bijaksana.   Kata Kunci : Implementasi, Reward, Punishment, Motivasi Belajar
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8840
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.