Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8842
Title: Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Islamiyah Tempursari Lumajang
Authors: Midayanti, Adinda
Keywords: Peran Guru
Meningkatkan
Prestasi Belajar
Issue Date: 9-Nov-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Salah satu hasil dari pendidikan di sekolah adalah prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa sebagaimana tingkat kemampuan yang dimiliki siswa dalam menerima, dan menilai informasi yang sesuai dengan tingkat keberhasilan dalam mempelajari materi pelajaran. Prestasi belajar merupakan sebuah hasil belajar yang ditampakkan oleh siswa dalam mengerjakan tugas belajar berdasarkan kemampuan internal yang diperoleh sesuai dengan tujuan belajar. Walaupun prestasi yang diperoleh oleh siswa kelas V MI Islamiyah Tempursari terbilang bagus, masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk membimbing para siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dengan melakukan pendekatan-pendekatan khusus dan melakukan inovasi metode pembelajaran serta melengkapi fasilitas belajar, dapat diprediksi prestasi belajar akan terus meningkat. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Islamiyah Tempursari Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Islamiyah Tempursari Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif tentang perilaku dan kata-kata tertulis atau lisan dari individu yang diamati dikumpulkan melalui metode penelitian kualitatif. Sumber data yang di pakai dari data primer dan sekunder. Data primer data yang diperoleh langsung dari lapangan atau tempat penelitian, misalnya hasil wawancara atau observasi di lapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Memahami materi dalam penyampaian materi guru harus mampu secara mendalam mengenai materi yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga guru disaat menyampaikan materi pelajaran guru dapat dengan jelas, pembelajaran menjadi menarik, dan mudah dipahami oleh siswa. 2. Mempunyai strategi Pembelajaran, guru perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa, guru harus mampu memahami cara belajar siswa dan menyediakan pendekatan yang berbeda-beda agar semua siswa dapat terlibat dan berhasil dalam tercapainya prestasi disaat pembelajaran. 3. Memberikan motivasi sebelum melaksanakan pembelajaran, sebelum mengawali pembelajaran guru memberikan motivasi terhadap siswa, sehingga siswa dapat semangat, dan memiliki suka terhadap ilmu pengetahuan yang akan diajarkannya. 4. Guru melakukan evaluasi dalam pembelajaran yang telah diajarkan kepada siswa. Guru berperan dalam menilai kemajuan belajar siswa secara berkala dengan memberikan umpan balik untuk memahami kekuatan dan kelemahan siswa sehingga dapat meningkatan prestasi pada pembelajaran. 5. Komunikasi guru dan orang tua, peran orang tua sangatlah penting dalam prestasi pembelajaran pada siswa dengan melakukan Komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam menyelaraskan upaya pendidikan di sekolah dari rumah, sehingga dapat mendukung prestasi siswa secara optimal. Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan, Prestasi Belajar
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8842
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PGMI_21901013012_ADINDA MIDAYANTI.pdfPublish1.8 MBAdobe PDFView/Open
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ISLAMIYAH TEMPURSARI LUMAJANG.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.