Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8845
Title: Implementasi Mind Mapping pada Pembelajaran Tematik Kelas VI di SD Negeri 1 Gunungrejo Singosari Malang
Authors: Rohmah, Rosidah Nur
Keywords: Implementasi Mind Mapping
Pembelajaran Tematik
Siswa
Issue Date: 8-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dapat dilihat juga dari pengajaran yang mereka terapkan terhadap siswa. Banyak pendidik menggunakan metode yang membuat mereka lebih bisa di mengerti akan pengajarannya, dan juga masih dengan metode lama yang mereka terapkan dikarenakan masih menggunakan pengajaran yang lama. Berdasarkan uraian yang dipaparkan peneliti ingin melakukan penelitian yang berjudul “Implementasi Mind Mapping dalam pembelajaran Tematik kelas IV di SD Negeri 1 Gunungrejo pada tahun 2021/2022. Dan harapan peneliti Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV di SD Negeri 1 Gunungrejo. Untuk mengetahui perencanaan Metode Mind Mapping pada pembelajaran Tematik di Kelas VI.Untuk dapat mengetahui Pelaksanaan Metode Mind Mapping pada pembelajaran tematik di Kelas VI SD.Untuk dapat Mengetahui Hasil Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Tematik di kelas VI. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus, yang mana digunakan untuk memperoleh data dengan melakukan studi lapangan.(Albi: 2018) bahwa studi kasus merupakan upaya pengumpulan dan mengorganisasi serta menganalisis data tentang kasus-kasus tertentu berkenan dengan permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian peneliti untuk kemudian data tersebut dibandingkan atau dihubungkan satu sama lain. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa mengenalkan metode pembelajaran yang baru kepada siswa-siswi sangatlah penting, karena agar bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelajaran yang lebih kreatif dan paham lagi. Dan membuat mereka lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan dan tidak merasa bosan. Dari kesimpulan yang di dapat, setelah guru melakukan penjelasan dan percobaan berulang-ulang siswa lebih paham akan materi yang terdapat didalam tema.Pelaksanaan pembelajaran didalam kelas menggunakan kurikulum 2013.Yang dimana pembelajaran dijadikan satu tema dan kemudian saling ada kaitannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu pendidik harus lebih inovatif dan kreatif dalam menerangkan sebuah materi, salah satunya menggunakaan metode Mind Mapping untuk menjadikan siswa lebih efektif dalam menerima materi pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi Mind Mapping, Pembelajaran Tematik, Siswa
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8845
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.