Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8944
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSetiyowati, Nunuk-
dc.date.accessioned2024-01-10T07:28:03Z-
dc.date.available2024-01-10T07:28:03Z-
dc.date.issued2023-09-25-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8944-
dc.description.abstractJoyfull learning merupakan suatu proses pembelajaran menyenangkan yang terdapat sebuah kohesi dan motifasi untuk menghidupkan pembelajaran antara pendidik dan peserta didik dalam interaksi dinamis, upaya meningkatkan prestasi belajar serta jauh dari kata pasif/kaku dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga nilai akademik peserta didik dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Pasca pendemi covid-19, suasana pembelajaran dan karakter peserta didik di SMP Assalam Kota Batu mengalami perubahan kurang baik dikarenakan kecenderungan egosentris cukup tinggi dari peserta didik sebagai akibat pembelajaran daring selama pandemi. Sehingga dari temuan fakta tersebut, untuk meningkatkan kembali karakter peserta didik maka diperlukan adanya inovasi metode pembelajaran berupa joyfull learning dalam membentuk karakter peserta didik pasca pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain joyfull learning yang dirancang dapat memotifasi pendidik untuk lebih kreatif inovatif dalam menyajikan kegiatan pembelajaran bermakna bagi peserta didiknya. (2) model joyfull learning yang digunakan sesuai dengan kondisi dan karakter masing-masing peserta didik/sesuai kebutuhan. (3) proses joyfull learning dalam pelaksanaannya sangat memotivasi semangat belajar peserta didik dan menjadikan suasana belajar menjadi aktif sangat dinamis dalam sebuah kohesi saling adanya ketertarikan. (4) proses pembelajaran dengan adanya joyfull learning dalam membentuk karakter peserta didik pasca pandemi covid-19 di SMP Assalam Kota Batu dapat menghasilkan pembaharuan sistem belajar mengajar menyenangkan baik bagi pendidik maupun peserta didik, sehingga SMP Assalam dapat mencetak generasi berkarakter yang berimtaq, berwawasan dan nasionalis cinta tanah air. Desain, model dan proses joyfull learning ini harus terus konsisten diterapkan dengan berbagai inovasi lebih kreatif lagi agar SMP Assalam bisa terus exis lebih kompeten dalam melaksanakan kegiatan belajar maengajar di masa yang akan datangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectJoyfull learningen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.titleJoyfull Learning dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama Assalam Kota Batuen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JOYFULL LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19.pdf
  Restricted Access
5.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_MPAI_22102011048_NUNUK SETIYOWATI.pdf1.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.