Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9141
Title: Studi Alternatif Perencanaan “Flyover” Aloha Sidoarjo Menggunakan Struktur Gelagar PC-I Girder
Authors: Syafiih, Abdus
Keywords: Bundaran Aloha
Flyover
PC-I Girder
SP Column
Issue Date: 16-Dec-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Flyover Aloha di Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo dibangun sebagai alternatif dalam mengurangi kemacetan sehingga pembangunan infrastruktur tersebut dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam aktivitas pada ruas jalan Bundaran Aloha. Proyek flyover Aloha tersebut terdapat dua pembangunan flyover yaitu ruas jalan Sidoarjo – Juanda (FO-A) dan ruas jalan Juanda – Surabaya (FO-B). Perencanaan awal digunakan struktur PC-U girder yang mana memiliki kelemahan dalam pengerjaan yang berlokasi ditengah perkotaan sehingga direncanakan ulang menggunakan struktur PC-I girder sebagai alternatif dalam perencanaan. Flyover yang direncanakan pada perhitungan yaitu pada titik P11B – P12 yang memiliki Panjang 34 meter antar pilar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode literatur dalam proses perhitungan dan metode observasi yaitu melakukan survei atau pengamatan secara langsung di lapangan. Standar perencanaan yang digunakan yaitu SNI: 1725-2016, SNI 2833:2016, RSNI T-12-2004, dan RSNI T-02-2005. Dalam Penggambaran dan perhitungan menggunakan Ms Excel, SP Column, dan AutoCAD. Pada perhitungan kolom menggunakan software atau aplikasi SP Column sebagai pendukung dalam perhitungan struktur kolom yang akan direncanakan. Hasil dari penelitian ini meliputi perhitungan pembebanan yang terjadi pada flyover adalah Beban mati berat sendiri gelagar (q1): 3360 kg/m, Beban mati berat sendiri plat lantai (q2): 1357,29 kg/m, Beban mati berat sendiri diafragma (P): 784,211 kg, Beban mati tambahan (QMA): 442,08 kg/m, Beban hidup lajur “D” yaitu Beban Terbagi Merata (QTD): 2887,42 kg/m, Beban Garis Terpusat (PTD¬): 12348 kg, Gaya rem (TB): 25000 kg, Beban angin (Ew): 358,673 kg/m. Dimensi beton prategang I girder (PC-I Girder) adalah: tinggi girder (h): 1,60 meter, lebar atas (ba): 1,20 meter, tebal flens atas (t1) : 0,20 meter, tebal flens bawah (t2) : 0,40 meter, tebal badan (tb): 0,50 meter. Panjang bentang (L): 30,6 meter. Jumlah Jumlah tendon beton prategang I girder (PC-I Girder) yang digunakan adalah 4 buah tendon dengan jenis strand ASTM A-416 grade 270. Dimensi pilar adalah: (a) Panjang headstock/pierhead: 9,00 meter, Lebar headstock/pierhead: 4,80 meter, Tinggi headstock/pierhead: 2,40 meter, (b) Panjang kolom pilar 1: 3,00 meter, Lebar kolom 1: 2,20 meter, Tinggi kolom 1: 4,00 meter, (c) Panjang kolom pilar 2: 3,00 meter, Lebar kolom 2: 2,20 meter, Tinggi kolom 2: 2,50 meter, (d) Panjang pile cap: 8,50 meter, Lebar pile cap: 8,50 meter, Tinggi pile cap: 2,00 meter. Pondasi bore pile menggunakan diameter 0,80 meter dan Panjang 40 meter dengan jumlah tiang sebanyak 9 buah tiang. Kata Kunci : Bundaran Aloha, Flyover, PC-I Girder, SP Column.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9141
Appears in Collections:UT - Civil Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.