Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/923
Title: Penggunaan Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Wonokerso II Kabupaten Malang
Authors: Pratiwi, Riska Dwi
Keywords: Sumber Belajar
Pembelajaran Tematik
Learning Resources
Thematic Learning
Issue Date: 10-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Sumber belajar termasuk dalam sarana dan prasarana pendidikan, oleh karena itu sumber belajar sangat penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Kurangnya sumber belajar oleh sekolah menyebabkan kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran tematik merupakan suatu model pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran yang saling terkait sehingga lebih bermakna yang menekankan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran dengan harapan siswa mampu memperoleh ilmu pengetahuan secara utuh. Untuk penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik khususnya tingkat SD/MI lebih memperhatikan aspek tujuan, karakteristik siswa, kelebihan, keterbatasan, keefektifan serta pembiayaan dari pihak sekolah maupun siswa sehingga dalam pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas IV sekaligus untuk mengukur keefektivan pelaksanaannya. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, adapun untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru di SDN Wonokerso II Kabupaten Malang. Penelitian berfokus pada tiga masalah utama, yaitu bagaimana pengadaan, penggunaan sumber belajar dan kendala guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan siswa. Hasil temuan tersebut di analisis untuk memperoleh masalah pokok, solusi dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh data tentang penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Wonokerso II. Dari keseluruhan penggunaannya sudah baik dan perlu pembaharuan dalam sumber belajar yang dibutuhkan seperti perangkat komputer dan LCD. Penambahan sumber belajar dan media di dalam kelas tentunya akan memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan membantu siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan belajar yang ingin dicapai.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/923
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_RISKA DWI PRATIWI-21601013019-SKRIPSI.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.