Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9405
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Anita, Eka Dian Sefi | - |
dc.date.accessioned | 2024-04-30T04:17:13Z | - |
dc.date.available | 2024-04-30T04:17:13Z | - |
dc.date.issued | 2023-12-07 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9405 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan yang sering kita temui dalam pendidikan ialah hasil belajar siswa. Dan upaya yang dapat dilakukan yakni salah satunya dengan menggunakan perkembangan tekhnologi seperti yang telah diterapkan oleh Lembaga SDN 1 Dadaprejo yang menggunakan tekhnologi untuk meningkatkan, mengetahui, dan mengatasi permasalahan dan meningkatkan hasil belajar siswa, akan dilakukan penelitian terkait Hubungan model pembelajaran flipped Classrom dan Media Video dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Dadaprejo 1 pada matapelajaran matematika. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran flipped classroom. (3) Mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu atau sering disebut dengan quasi eksperimen reseach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara model flipped classroom dengan media video, kedua, dapat diketahui perbedaan penggunaan model pembelajaran flipped classroom dengan yang tidak menggunakan memiliki perbedaan pencapaian, ketiga, dibuktikannya dengan Kemampuan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil posttest melalui uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows 16 menggunakan uji independent sample t-test sebesar 0,000 < 0,05. Dari nilai tersebut dapat diartikan bahwa kelas dengan pemberian treatment berupa model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional atau tidak menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Media Video, Hasil Belajar | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Flipped Classroom | en_US |
dc.subject | Media Video | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Flippep Classroom dengan Media Video Terdapat Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Dadaprejo 01 pada Mata Pelajaran Matematika | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
S1_FAI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDA’IYAH_21901013090EKA DIAN SEFI ANITA.pdf | Publish | 1.37 MB | Adobe PDF | View/Open |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 DADAPREJO PADA MATAPELA.pdf Restricted Access | Fulltext | 3.11 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.