Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9406
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSulaiman, Pradini Kusmana-
dc.date.accessioned2024-04-30T04:17:19Z-
dc.date.available2024-04-30T04:17:19Z-
dc.date.issued2023-12-15-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9406-
dc.description.abstractPendidikan inklusi yang berfokuskan pada pengembangan diri siswa berkebutuhan khusus (ABK) menjadikan aspek yang penting dalam menjamin akses yang berkualitas dalam sistem pendidikan. Pene;itian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemdekatan implementasi inklusi yang berpusat pada pengembamgam siswa berkebutuhan khusus (ABK). Metode penelitian kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui observasi dikelas, wawancara dengan guru pendamping, dan dokumentasi terkait Pendidikan inklusi. Hasil penelitian pendidikan inklusi berbasis pengembangan diri memfokuskan pada pendekatan berbasis holistic yang melibatkan identifikasi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus (ABK), perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kolaborasi antara guru pendamping dengan spesialis dan juga orang tua, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, serta evaluasi pembelajaran dan pengajaran. Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan siswa, dukungan emosional, dan pengembangan keterampilan social mejadi hal penting dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi yang berfokus pada pengembangan diri. Temuan ini menggaris bawahi perlunya perubahan paradigma dalam pendidikan khusus untuk memastikan setiap individu memiliki akses yang setara dalam mencapai potensi penuh siswa berkebutuhan khusus (ABK). Dengan demikian, pendidikan inklusi yang berpusat pada pengembangan diri bukan hanya tentang memasukkan siswa berkebutuhan khusus (ABK) ke dalam lingkungan belajar yang umum, tetapi juga tentang mendukung pertumbuhan dan perkembangan individu sesuai dengan kebutuhan dan potensi unik mereka. Kesimpulannya, pendidikan inklusi berbasis pengembangan diri bukanlah tujuan akhir, tetapi proses berkelanjutan yang menumbuhkan komitmen, kolaborasi, dan penyesuaian terus-menerus agar mengetahui hak setiap individu dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas Kata Kunci : Pendidikan Inklusi, Pengembangan Diri, Siswa Berkbutuhan Khususen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Inklusien_US
dc.subjectPengembangan Dirien_US
dc.subjectSiswa Berkbutuhan Khususen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Inklusi Berbasis Pengembangan Diri di MI Hayatul Islamiyah Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.