Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9448
Title: Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP ASIFA Kota Malang
Authors: Nadzifa, Diyana
Keywords: Implementasi
Kurikulum Merdeka
Issue Date: 18-Mar-2024
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: SMP ASIFA merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang menitik beratkan pada sekolah atlit, akan tetapi dalam penggunaan kurikulum SMP ASIFA menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, yang membedakan SMP ASIFA dengan sekolah pada umumnya adalah waktu pembelajaran, jika biasanya proses pembelajaran dilakukan selama 40-45 menit, di SMP ASIFA hanya 20-25 menit. Berdasarkan fenomena diatas penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis terkait perencanaan, penerapan, dan evaluasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam yang dilaksanakan di SMP ASIFA kota Malang. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dapat menghasilkan data secara deskriptif yang dipaparkan dalam bentuk tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diteliti atau diamati. dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif penelitian yang dilakukan untuk menjelaskan suatu gambaran fenomena yang dihasilkan dari penelitian. Untuk pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi dilapangan. Tahap analisis data dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk validitas data peneliti menggunakan cara triangulasi sumber, triangulasi data, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian pada perencanaan kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP ASIFA kota Malang yang dilakukan oleh pendidik adalah dengan melakukan pelatihan terkait kurikulum Merdeka, membuat CP, TP ATP, Modul ajar dan buku 1234 serta menyiapkan materi yang akan di ajarkan. Untuk penerapan kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam diterapkan pada proses pembelajaran dan penerapan projek P5. Tahap evaluasi pada kurikulum Merdeka pada mata pelajaran mencangkup pada penilaian aspek perilaku yang sesuai dengan P5, penilaian projek, dan penilaian materi. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9448
Appears in Collections:UT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.