Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/956
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorShofia, Aina Khilya Isna-
dc.date.accessioned2020-12-19T03:37:41Z-
dc.date.available2020-12-19T03:37:41Z-
dc.date.issued2020-04-18-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/956-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifnya pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, (3) indikator kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian yang bertujuan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk sudah baik, pasien yang datang rata-rata sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tanjunganom. (2) Faktor pendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk adalah tidak ada perlakuan maupun perbedaan pelayanan, sarana prasarana yang mendukung, dan letak Puskesmas yang dapat dikatakan cukup strategis, sedangkan faktor penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk adalah lamanya antrian untuk pelayanan di loket dan masih kurangnya lahan parkir di area Puskesmas Tanjunganom. (3) Untuk mengukur kepuasan masyarakat dengan empat indikator, pertama mendapatkan pelayanan yang baik, kedua menyelesaikan tugas yang dilakukan dengan cepat, ketiga petugas memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik, dan keempat merespon/menanggapi dengan baik keluhan pasien. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Masyarakaten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectIlmu Administrasien_US
dc.subjectIlmu Administrasi Publiken_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectKepuasan Masyarakaten_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk)en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FIA_21601091079_AINA KHILYA ISNA SHOFIA.pdf1.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.