Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9753
Title: Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Fikih Di MA DDI Darun Najah Kaloling Bantaeng Sulawesi Selatan
Authors: Afrian, Nurfahmi
Keywords: Internalisasi Nilai
Pembelajaran Fikih
Issue Date: 13-May-2024
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pentingnya pendidikan multikultural dalam menghadapi kompleksitas tantangan pendidikan di zaman sekarang khususnya di madrasah, terutama dalam konteks memperkuat moderasi beragama. MA DDI Darun Najah Kaloling telah mengadopsi pendekatan multikulturalisme, namun perlu dipelajari lebih lanjut, terutama dalam pembelajaran Fikih, sebagai subjek fundamental dalam pendidikan Islam. Meskipun ada perkembangan signifikan dalam pembaruan kurikulum dan penggunaan teknologi di madrasah, masih ada gap yang perlu diatasi, terutama dalam inklusivitas kurikulum dan ketersediaan fasilitas pendukung pendidikan multikultural terutama dalam pembelajaran fikih. Riset ini bertujuan untuk memberikan deskripsi, analisis, dan interpretasi terhadap desain, proses, dan model internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran fikih di MA DDI Darun Najah Kaloling Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, dengan pertanyaan riset: 1) Bagaimana desain internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran fikih di MA DDI Darun Najah Kaloling? 2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran fikih di MA DDI Darun Najah Kaloling? 3) Bagaimana model internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran fikih di MA DDI Darun Najah Kaloling?. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dengan Desain Studi Kasus. Penelitian dilakukan di MA DDI Darun Najah Kaloling dengan fokus pada guru mata pelajaran di institusi tersebut. Untuk pemilihan sampel, digunakan teknik sampling purposive dan snowball. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman, yang melibatkan tahapan pengumpulan, kondensasi, pemaparan, dan penarikan kesimpulan data. Untuk memastikan validitas dan keabsahan data, dilakukan verifikasi melalui uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji kebergantungan, dan uji objektivitas. Hasil penelitian menunjukkan madrasah telah menerapkan kebijakan terkait dengan nilai-nilai multikultural, yang termanifestasi dalam dokumen visi dan misi madrasah serta dalam implementasi praktik pembelajaran sehari-hari. Partisipasi siswa dari berbagai latar belakang regional mempengaruhi proses internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural, dengan keanekaragaman geografis mereka dianggap sebagai faktor penting dalam pemahaman dan penanaman nilai-nilai tersebut. Desain internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam kurikulum fikih melibatkan berbagai tahapan, seperti pengembangan kurikulum, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta penggunaan materi ajar yang mencakup perspektif-perspektif dan pengalaman kebudayaan yang beragam. Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran fikih melalui tiga tahap Transformasi Nilai, Transaksi Nilai, dan Transinternalisasi. Untuk mendukung proses ini dalam pendekatan Saintific Approach, diperlukan model, strategi, atau metode pembelajaran yang relevan dan metode evaluasi yang komprehensif, proses internalisasi nilai-nilai multikultural dapat terfasilitasi secara efektif. Guru memainkan peran kunci dalam mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai multikultural melalui penerapan strategi-strategi pembelajaran yang inklusif, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan permainan. Model internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran fikih di MA DDI Darun Najah Kaloling melalui tiga tahap dengan pendekatan pembiasaan peserta didik. Pertama, perencanaan pembelajaran dengan integrasi nilai-nilai multikultural dalam Kurikulum 2013 dan silabus. Kedua, pelaksanaan menggunakan metode pembelajaran yang relevan. Terakhir, evaluasi meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9753
Appears in Collections:MT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.