Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9789
Title: Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas V dengan Aplikasi Canva di MINU Sumberpasir Pakis Kab Malang
Authors: Mukhlis, Ahmad
Keywords: Aplikasi Canva
aktivitas siswa
Issue Date: 7-Jun-2024
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi mengenai kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam observasi yang peneliti lakukan melihat bahwa guru di MINU Sumberpasir Pakis Kab. Malang tersebut tidak menggunakan media pembelajaran berbasis internet dan teknologi, maka dari itu respon siswa seperti merasa bosan dan tidak tertarik dengan pembelajaran, setiap kali membahas topik guru selalu memberikan tepuk fokus untuk siswanya, agar selalu fokus terhadap pembelajaran yang diberikan. Terbukti dari hasil Pra-tindakan yang dilakukan oleh peneliti didapat bahwa 85% siswa mendapatkan nilai kurang dari 75 dan dinyatakan belum tuntas, sedangkan 15% siswa lainnya mendapat nilai 75 lebih dan dinyatakan tuntas sesuai dengan KKM 75. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V MINU Sumberpaisr Pakis Kab Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membaca puisi dengan menggunakan Aplikasi Canva, (2) mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas V MINU Sumberpaisr Pakis Kab Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membaca puisi dengan menggunakan Aplikasi Canva. Motode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perolehan hasil belajar. Pada siklus I rata–rata nilai membaca puisi sebesar 74,4,, pada siklus II sebesar 81,9. Artinya penggunaan Aplikasi Canva mampu meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I aktivitas siswa rata – rata mendapat kriteria baik, pada siklus II rata – rata mendapat kriteria sangat baik. Demikian halnya dengan hasil pengamatan aktivitas guru juga mengalami kenaikan setiap siklus. Pada siklus I persentase aktivitas guru 85,5% dengan kriteria baik, dan pada siklus II persentasenya 92,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam ketuntasan belajar individu siswa dari siklus I ke siklus II. Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan aktivitas siswa menjadi lebih aktif, yang pada gilirannya membuat pembelajaran lebih bermakna dan menghasilkan prestasi akademik yang lebih baik. Selain itu, penggunaan Canva juga memberikan dampak positif terhadap aktivitas guru, yang terlihat dari peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Canva dalam pembelajaran membaca puisi memberikan manfaat yang signifikan bagi proses pembelajaran secara keseluruhan, baik bagi siswa maupun guru
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9789
Appears in Collections:MT - Indonesian Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI.pdf
  Restricted Access
3.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_MPBI_22202071035_AHMAD MUKHLIS.pdf1.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.