Search
Now showing items 1-10 of 43
Islamic Studies in Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Malang During the Covid-19 Pandemic
(Al murabbi, 2020-12-30)
Juvenile delinquency in the form of violence is still common in the community even during the covid-19 pandemic. violence has several contributing factors. Education as a form of institution that seeks to prevent violence ...
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural Melalui Edu-Ekowisata
(MUROBBI: Jurnal Ilmu Pendidikan Lembaga Penerbitan dan Jurnal Ilmiah (LPJI) Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, 2021-03-05)
Multicultural Islamic Education Paradigm is an Islamic teaching that emphasizes tolerance, harmony, moderation, and open dialogue in diversity. The reality of the pluralistic Indonesian nation ...
Majelis Taklim sebagai Transformator Pendidikan, Ekonomi dan Sosial Budaya pada Komunitas Muslimah Urban
(Tarbiyatuna, Journal of Islamic Education, 2021-02-15)
Salah satu wadah untuk menuntut ilmu agama Islam adalah majelis taklim, terlebih di era globalisasi yang mengarah pada kehidupan hedonisme, materialisme dan individualisme. Kegiatan majelis taklim tidak terikat waktu dan ...
Genealogi Pengajaran Islam dan Nasionalisme Agama KH. Zaini Mun’im dan KHR. As’ad Syamsul Arifin
(Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora, 2020-12-20)
A thing that makes a difference between intellectual traditions of pesantren and other education, namely the existence of sanad. In the perspective of Ibn Qayyim Al-Jauzy, sanad called exceeding the exotological linearity ...
QUO VADIS LEMBAGA PENDIDIKAN DAYAH PASCA KEMERDEKAAN DAN PASCA REFORMASI
(Jurnal As-Salam, 2020-07-20)
The Dayah Islamic education institution is a tradition of Islamic teaching and learning that has existed along with the entry and development of Islam into the archipelago in the 8th century AD. The ...
Pesantren dan Multikulturalisme di Madura: Adaptasi Nilai Multikultural dalam Menciptakan Kerukunan Masyarakat Multi Etnis dan Agama
(Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Islamic Education Teacher Training Program of UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020-12-31)
Kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di satu daerah selalu menarik untuk dibahas, karena dapat memberikan solusi kepada daerah sejenis yang masih berkonflik. Penelitian ini bertujuan untuk ...
MENGEMBANGKAN MODERASI BERAGAMA MAHASANTRI MELALUI TA’LIM MA’HADI DI PESANTREN MAHASISWA
(J-PAI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2020-07-15)
The article describes and analyzes ta’lim ma’hadi in al-Hikam Malang Student Islamic
Boarding School and the values implemented to develop the moderate character of the mahasantri
religion. This study used a qualitative ...
Respon Nahdlatul Ulama terhadap Gempuran Aliran Fundamental; Telaah Kritis Radikalisme Intoleran dan Pudarnya Moderatisme Islam
(Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2021-01-01)
Tujuan kajian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang identitas Islam non mainstream, eksistensi kelas menengah terdidik Nahdatul Ulama (NU), problem politik praktis, NU; universalisme ajaran dan moderatisme ...
SPIRIT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERWAWASAN ISLAM MULTIKULTURAL PADA SEKOLAH BERPRESTASI (STUDI DI SMA KARANGTURI SEMARANG)
(Jurnal Inovatif, 2021-02-01)
This research aims to describe the spirit and the model of human resource
development with multicultural insight in general and specifically the
development of multicultural Islam at SMA Karangturi Semarang which is ...
Kompetensi Kepala Sekolah Sebagi Leader Dalam Meningkatkan Pendidikan Mutu Pendidikan Agama Islam; Studi di Sekolah Dasar Al-Ma’arif 02 Singosari Malang
(Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2020-07-02)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, kepribadian, pemahaman visi dan misi, sistem pengambilan keputusan, dan komunikasi kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di Sekolah. Penelitian ...