Show simple item record

dc.contributor.authorPamungkas, Dian Putra
dc.date.accessioned2024-08-05T12:35:40Z
dc.date.available2024-08-05T12:35:40Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10007
dc.description.abstractSaat ini pembelajaran PAI merupakan pembelajaran yang dianggap sebagian siswa itu pelajaran yang sulit. Kesulitan yang ditemui siswa dalam pembelajaran PAI adalah sulitnya untuk memahami materi karena banyaknya teori dan materi yang dibalut dengan Bahasa arab. Dengan hal tersebut memerlukan suatu aksi dari seorang guru agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan, baik itu dari melakukan praktek, memberikan media yang inovatif, dan dengan cara lainnya. Selain itu, agar proses menyampaikan pelajaran PAI dapat berjalan dengan lancar, salah satu hal yang harus dimiliki oleh guru adalah media pembelajaran. Misalnya guru menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti media wordwall, peta konsep, audio visual gerak dan media- media lainnya. Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut maka fokus dari penelitian ini adalah: 1.Bagaimana perencanaan implementasi media wordwall pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Az-Zahroh Malang? 2.Bagaimana pelaksanaan media wordwall pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Az-Zahroh Malang? 3.Bagaimana hasil implementasi media wordwall pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Az-Zahroh Malang?. Dengan rumusan masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana tahapan perencanaan yang dilakukan oleh guru, proses implementasi media wordwall, serta hasil setelah diterapkannya media wordwall pada pembelajaran PAI di SMA Plus Az-Zahroh Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada proses perencanaan implementasi media wordwall hal yang dilakukan oleh guru adalah membuat RPP, menyiapkan materi topik atau tema pelajaran dan menyiapkan media wordwall. Pada tahap pelaksanaan, tahapan kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, inti dan kegiatan penutup. Sedangkan setelah diterapkannya media wordwall pada pembelajaran PAI di SMA Plus Az-Zahroh Malang meningkatnya semangat dan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar dan juga meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran PAI. Adapun saran dari penelitian ini yaitu dapat memberikan tambahan wawasan ilmu pengetahuan, selain itu dapat dijadikan rujukan atau referensi bagi peneliti berikutnya. Kata Kunci : Media wordwall, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia wordwallen_US
dc.subjectPembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Media Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengan Atas Plus Az-Zahroh Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record