UT - Islamic Education
Browse by
Recent Submissions
-
Implementasi Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI MA An-Nur Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2024-05-13)Motivasi belajar dan kedisiplinan merupakan komponen penting yang harus ada dalam diri peserta didik. Tanpa adanya motivasi maka tidak akan ada tindakan atau hasrat melakukan sesuatu. Kedisiplinan juga menjadi faktor penting ... -
Implementasi Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Pembentukan Karakter Religius di MTs Almaarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-05-03)Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan terkait moral pada siswa madrasah. Masih banyak yang membuang sampah di dalam kelas dan bukan pada tempatnya. Pada aktivitas siswa di kelas pengamat juga mengamati bahwa ... -
Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran PAI pada Kelas XI SMK Negeri 4 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-05-03)Berdasarkan latar belakang penelitian ini dalam pengalaman awal yang dilakukan peneliti pada hari selasa tgl 8 Agustus 2023, dengan salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yakni Ibu Dra. Siti Munawaroh yang ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama di SMA Negeri 4 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-05-13)SMA Negeri 4 Malang merupakan sekolah yang unggul dan mencetak peserta didik yang ahli dalam pengetahuan baik IPTEK dan IMTAQ. Sekolah ini dipilih sebagai lokasi penelitian karena merupakan salah satu sekolah yang terkenal ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMP Negeri 9 Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Kehidupan di Indonesia, dari zaman dahulu sampai sekarang, tidak dapat terhindar dari keberagaman, terutama dalam beragama. Agama memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat, baik dalam dakwah maupun politik. Toleransi ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius pada Peserta Didik Melalui Program Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Pakis Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-05-21)Perkembangan dunia pendidikan dewasa sangatlah cepat dengan sejalannya kemajuan teknologi dan globalisasi. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan globalisasi, program keagamaan di sekolah dapat menjadi lebih dinamis, ... -
Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar di SMA Negeri 5 Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-07-27)Strategi pembelajaran ialah suatu cara atau metode yang dapat digunakan seorang guru dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran sehingga menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Misalnya ... -
Internalisasi Budaya Religius dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMP Bahrul Maghfiroh Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-01-11)Guru adalah merupakan seseorang yang berperan penting dalam mengarahkan kehidupan peserta didik di lingkungan sekolah, sehingga guru diharuskan mampu membangun krakter dari peserta didik serta mampu mengarahkan peserta ... -
Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 8 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-28)Penelitian ini di latarbelakangi oleh peserta didik yang menggunakan handphone didalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Karena hal itu dapat mengganggu konsentrasi peserta didik dalam belajar dan dapat ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-19)Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang merupakan salah satu sekolah formal yang memiliki siswa dengan berbagai macam penganut agama. Uniknya meskipun sekolah tersebut tidak berbasis keislaman, tetapi sangat menjunjung tinggi ... -
Analisis Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Berkeadaban dalam Pendidikan Islam Multikultural
(Universitas Islam Malang, 2024-02-16)Peran dari pendidikan Islam multikultural sendiri tidak lain adalah memanusiakan manusia, dalam konteks ini terhadap aspek keaagamaan bersifat horizontal yaitu hablum minannas sebagai arti hubungan sesama manusia dalam ... -
Implementasi Pembelajaran Kaidah Gharibul Qur’an Santri Putri di Pondok Pesantren Tanwirul Mubtadiien Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk
(Universitas Islam Malang, 2024-03-23)Pembelajaran Al-Qur’an merupakan pembelajaran yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Dalam membaca Al-Qur’an, seseorang harus dapat menguasai ilmu-ilmu dalam membaca Al-Qur’an seperti Tajwid dan Gharib. Tajwid merupakan ... -
Implementasi Pembelajaran PAI berbasis Literasi Digital di SMAI Al Maarif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-03-19)Literasi digital saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam dunia pendidikan, karena perubahan dalam ranah pendidikan adalah suatu keharusan, jika pendidikan tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, maka ia hanya ... -
Strategi Guru PAI dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Toleransi terhadap Peserta Didik di SMKN 4 Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-19)Toleransi merupakan sifat dasar yang dibutuhkan untuk menciptakan sikap saling memahami dan sikap saling menghargai perbedaan yang ada, serta terciptanya kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat. Toleransi dalam Islam ... -
Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa di MAN I Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-26)Akhlak adalah sebuah perbuatan baik yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia tidak bisa dilepaskan dari kata "akhlak" Akhlak inilah yang menjadi perangai atau watak seseorang dalam segi tingkah laku sehari-hari. ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis E-Book di Kelas XII SMA Islam Nusantara Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-18)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran berbasis e-book pada siswa kelas XII di SMA Islam Nusantara Malang dan juga untuk mengetahui fakor pendukung ... -
Analisis Pendidikan Ekologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam pada Kurikulum Merdeka
(Universitas Islam Malang, 2024-02-16)Islam merupakan agama yang mayoritas dipeluk oleh masyarakat di Indonesia. Dengan angka sekitar 240 juta, menempatkan Indonesia sebagai bangsa dengan Muslim terbesar di dunia. Sehingga umat Islam di Indonesia tidak hanya ... -
Penggunaan Metode Mind Mapping Hanifida untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII A SMP Negeri 1 Gending Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2024-04-01)Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana metode Mind Mapping Hanifida dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Gending Probolinggo. Pada saat ini sering terjadi peserta didik ... -
Implementasi Ekstrakurikuler Kerohanian untuk Meningkatkan Nilai-nilai Karakter Keislaman pada Peserta Didik di MTs Bustanul Ulum Karangsuko Pagelaran Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-02)Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak peserta didik yang belum memahami nilai-nilai karakter keislaman, yang mengakibatkan peserta didik melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Islam, seperti ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP ASIFA Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-18)SMP ASIFA merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang menitik beratkan pada sekolah atlit, akan tetapi dalam penggunaan kurikulum SMP ASIFA menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, yang membedakan SMP ASIFA ...