UT - Islamic Education
Browse by
Recent Submissions
-
Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Karakter Mandiri Peserta Didik di MTs An-Nur Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Perkembangan zaman yang semakin pesat telah mengantarkan kita pada era di mana karakter manusia semakin variatif, kemudahan yang diberikan teknologi tak selalu berdampak baik, banyak hal juga yang memengaruhi karakter ... -
Internalisasi Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di SMA Al-Rifa'ie Satu
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Munculnya era globalisasi dan kemajuan teknologi telah memberikan akses informasi yang serba instan dan cepat, sehingga berdampak pada penurunan sikap religius di kalangan generasi muda khususnya pelajar saat ini. Dampaknya ... -
Internalisasi Karakter Religius Pada Siswi Melalui Program Keputrian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Saat ini, banyak remaja melakukan tindakan yang tidak sejalan dengan nilai-nilai yang dianut dan bertentangan dengan ajaran agama Islam. Hal ini dapat membuat mereka rentan terhadap pengaruh buruk dari pergaulan bebas, ... -
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-26)Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Penelitian ini di latar belakangi ... -
Strategi Guru dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Melalui Kegiatan Khitobah di SMKN 4 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-20)Dalam dunia pendidikan, rasa percaya diri merupakan hal yang harus tertanam pada individu peserta didik, hal ini membantu peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, berani mengemukakan pendapat, ... -
Implementasi Media Pembelajaran Power Point Interaktif dalam Membentuk Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-22)Metode konvensional yang kebanyakan sering diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menjadikan pembelajaran ini sering dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan, yang menerangkan melalui berceramah dan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-02)Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dan tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas pendidikan sangat bergantung pada seberapa baik sekolah atau madrasah mengelola proses pembelajaran (Arif, ... -
Pengembangan Video Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Nusantara
(Universitas Islam Malang, 2024-07-29)Video animasi interaktif ini dikembangkan sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Salah satu tantangan utama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ... -
Internalisasi Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bani Hasyim Singosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-27)Penelitian ini didasari oleh banyaknya masalah dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah krisis moral dan karakter pada peserta didik. Oleh karena itu, proses internalisasi karakter religius melalui pembelajaran Pendidikan ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Kritis dan Kreatif Siswa di MA An Nur Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Pembentukan sikap kritis dan kreatif merupakan masalah yang belum teratasi di dunia pendidikan indonesia, pasalnya sikap kritis dan kreatif merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang, karena dengan sikap tersebut ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Creative problem solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 21 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-22)Penelitian ini berpacu pada rendahnya kemampuan berpikir kritis karena kurangnya model model pembelajaran yang tersedia untuk lebih membantu peserta didik memahami apa yang diajarkan oleh guru. Model creative problem solving ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Peserta Didik di SMP Islam Muqorrobin Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air peserta didik. Penelitian ini di latar belakangi karena meskipun banyak literatur yang membahas pentingnya ... -
Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Game Quizizz di SMP Bahrul Maghfiroh Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-20)Pada saat ini setiap negara di dunia maupun di indonesia telah memasuki transformasi era society 5.0. Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengantarkan pola baru dalam segala aspek kehidupan manusia, ... -
Implementasi Program Smart Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Al-Qur’an merupakan kitab suci dalam agama Islam yang berfungsi sebagai panduan hidup bagi umat Muslim. Memahami dan membaca Al-Qur’an dengan benar sangatlah penting, karena kesalahan dalam membaca bisa mengubah arti dan ... -
Hubungan Antara Kualitas Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsN 3 Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2024-07-23)Kualitas dari suatu negara terletak pada sumber daya manusia itu sendiri. Di dunia pendidikan, kualitas guru sangat penting bagi kualitas sekolah maupun kualitas pengajaran karena sekolah yang bagus terdapat guru yang bagus ... -
Implementasi Program Kegamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)SMP Brawijaya Smart School Malang menunjukkan bahwa siswa memiliki karakter yang beragam, karena siswa SMP sedang mengalami masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa remaja, tidak jarang siswa SMP menunjukkan ... -
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik menjadi perhatian khusus bagi SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang dalam mencetak peserta didik yang berpengetahuan luas dan berakhlak ... -
Upaya Kepala Madrasah dalam Membiasakan Kedisiplinan Peserta Didik di MAN 2 Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-27)Berdasarkan observasi awal, bahwa kedisiplinan di MAN 2 Kota Malang sangat tinggi. Hal ini peneliti melihat dengan adanya peserta didik yang berangkat kesekolah sebelum pukul 07.00, peserta didik yang berpakaian rapi dan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di SMPI As-Shodiq Bululawang Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-20)Proses pembelajaran yang kurang inovatif menjadi salah satu faktor kurang maksimal hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang guru terapkan kurang tepat. Oleh karena itu, perlu kiranya guru menggunakan ... -
Insersi Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Taruna Dra Zulaeha Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Penelitian ini meneliti Insersi Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Taruna Dra Zulaeha Probolinggo. Indonesia, yang berangkat dari sebuah latar belakang Indonesia sebagai negara dengan ...