Show simple item record

dc.contributor.authorArief, Muhammad Faishol
dc.date.accessioned2024-08-05T12:38:37Z
dc.date.available2024-08-05T12:38:37Z
dc.date.issued2023-12-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10009
dc.description.abstractMenurut Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadan, kecerdasan ahklak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Proses pendidikan yang berkualitas akan membuahkan hasil pendidikan yang berkualitas pula dan dengan demikian akan makin meningkatkan kualitas bangsa. Dunia pendidikan pasti tidak lepas dari proses belajar mengajar. Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah interaksi antara guru dengan peserta didik. Penelitian adalah suatu kegiatan untuk mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis hingga menyusun laporannya. Penelitian yang akan dilakukan ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan pola pendekatan studi kasus yang ditunjang perolehan data dari observasi serta wawancara karena fokus penelitiannya adalah Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis dan intensif untuk memperoleh pengetahuan tentang fokus penelitian. Fokus penelitian yang akan dibahas dalam artikel ini adalah tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penerapan metode index card match di SMPN 24 Malang. Penulis menginterpretasikan beberapa tujuan yang diharapkan bisa tercapai melalui penelitian ini yaitu Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran Index Card Match dalam mata Pelajaran Pendidikan Agama islam di SMPN 24 Malang, Mendeskripsikan dan menganalis prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran Index Card Match dalam mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 24 Malang. Serta Mendeskripsikan dan menganalisis hasil metode indeks card dalam mata pelajaran Pendidikan Agama islam di SMPN 24 Malang. Pelaksanaan metode pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 24 Malang dimulai dengan mengkondisikan siswa di kelas agar lebih terarah dan bersiap diri melakukan pembelajaran dengan metode index card match karena model pembelajaran ini membutuhkan fokus dan kolaborasi antar siswa. Hasil pembelajaran menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 24 Malang terdapat perbedaan antara sebelum diberlakukanya index card match dengan sesudah dilakukannya metode tersebut. Setelah metode ini diterapkan hasilnya adalah siswa banyak yang tertarik dengan metode ini dan lebih semangat belajar, siswa fokus dengan metode ini dan tidak ada yang sibuk dengan dirinya sendiri, semangat belajar meningkat, bahkan para siswa banyak yang menanti-nati mata pelajaran pendidikan agama islam lagi. Kata Kunci: Metode Indecx Card Match, Pendidikan Agama Islam, Model Pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Indecx Card Matchen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titleImplementasi Metode Indecx Card Match Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 24 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record