Show simple item record

dc.contributor.authorSubhiyah, Dian Malihatus
dc.date.accessioned2024-08-05T12:38:48Z
dc.date.available2024-08-05T12:38:48Z
dc.date.issued2024-06-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10012
dc.description.abstractDi era revolusi 4.0 peserta didik peserta didik darurat dengan pengetahuan keagaamaan dan perilaku budi pekerti dalam kehidupan sehari – hari kurangnya program keagamaan yang terfokus pada peserta didik dalam lembaga pendidikan, maka dengan fenomena ini muncul kebijakan kurikulum merdeka yang dimana peserta didik dijadikan tokoh utama dalam pembelajaran dan guru tidak terlalu memberika toeri tetapi peserta didik yang berperan aktif dalam pembelajaran didalam kelas berbagai modifikasi yang dilakukan guru diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Dari latar belakang diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang bermuatan profil pelajar pancasila, pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang bermuatan profil pelajar pancasila, evaluasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang bermuatan profil pelajar pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidika agama islam dan budi pekerti yang bermuatan profil pelajar pancasila di SMP Negri 1 Wajak. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian dan metode dokumetasi yaitu mencari data mengenai hal – hal yang berupa catatan, modul ajar, laporan – laporan dan sebagainya. Hasil penelitian yang di dapatkan oleh peneliti sebagai berikut: (1) perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang bermuatan profil pelajar pancasila di SMP Negri 1 Wajak dengan menganalisis dan membuat capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, assessment diagnostic, dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) pelaksanan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang bermuatan profil pelajar pancasila di SMP Negri 1 Wajak dengan menyesuaikan ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan juga hasil produk yang di ciptakan siswa. (3) evaluasi kurikulum merdeka dalam pembelajara pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negri 1 Wajak meliputi penilaian formatif dan sumatif.   Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Profil Pelajar Pancasilaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam dan Budi Pekertien_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titleImplementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berpikir Kritis di SMP Negri 1 Wajaken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record