Show simple item record

dc.contributor.authorNofisaputri, Fifin
dc.date.accessioned2024-08-05T13:05:07Z
dc.date.available2024-08-05T13:05:07Z
dc.date.issued2024-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10032
dc.description.abstractProses pembelajaran yang kurang inovatif menjadi salah satu faktor kurang maksimal hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian terdahulu hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh media pembelajaran yang tepat (utari, 2023). Salah satu metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran adalah Project Based Learning. Project Based Learning merupakan metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan pendidik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam dan mengetahui pembelajaran peserta didik menggunakan metode Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Pendekatan peneliian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, reduksi data, penyajihan data, dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data melalui credibility (kepercayaan), transferability (keteralihan), dependability kebergantungan, confirmability (kepastian). Peneliti mengambil fokus penelitian, yakni tentang 1) konsep Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam 2) penerapan dalam Peoject Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam 3) evaluasi dalam Project Based Learning. Adapun penelitian ini dilakukan ada beberapa al diantara lain; 1) mendeskripsikan konsep-konsep Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam, 2) mendeskripsikan pelaksanaan Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam, 3) evaluasi dalam Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam. Hasil dari peniliti yang didapatkan adalah fokus pertama, konsep dalam Project Based Learning, yaitu perencanaan pendidik ketika sebelum pembelajaran berlangsung menjadi monitoring serta fasilitator utama dalam pelaksanaan proyek. Kedua, pelaksanaan Project Based Learning terdapat langkah-langkah antara lain; penyajian permasalahan, membuat perencanaan, menyusun jadwal, memonitoring pembuatan, penilaian dan evaluasi. Evaluasi ini adalah pemecahan dalam setiap masalah dengan menggunakan beberapa solusi, yang bertujuan untuk meningkatkan dalam pembelajaran berbasis proyek yakni Project Based Learning. Kata Kunci: Penerapan Project Based Learning, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPenerapan Project Based Learningen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePenerapan Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam di SMKN 6 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record