dc.description.abstract | Merdeka Belajar telah menjadi gerakan besar dan berkelanjutan yang menjadi milik masyarakat. Kini guru mampu menjadi pemimpin pembelajaran dengan menciptakan proses belajar-mengajar yang aman, nyaman dan menyenangkan. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi guru di SMP Negeri 1 Ngantang untuk senantiasa menciptakan kegiatan pembelajaran dengan metode pembelajaran yang bermacam-macam dan inovatif.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut dapat merumuskan fokus penelitian, yakni tentang perencanaan, proses implementasi dan evaluasi implementasi metode pembelajaran Market Place Activity dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ngantang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang perencanaan, proses implementasi dan evaluasi implementasi metode pembelajaran Market Place Activity dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ngantang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan metode perpanjangan pengamatan, ketekunan atau keajegan pengamatan, tringulasi dan diskusi sejawat.
Hasil penelitian tersebut, maka dapat menemukan temuan penilitian sebagai berikut: (1) perencanaan implementasi metode pembelajaran Market Place Activity oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ngantang dengan membuat modul ajar sesuai dengan arahan pemerintah dan kebutuhan peserta didik. (2) proses implementasi metode pembelajaran Market Place Activity yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ngantang menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif sehingga peserta didik lebih aktif dan tidak bosan saat pembelajaran. (3) evaluasi implementasi metode pembelajaran Market Place Activity yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ngantang yaitu evaluasi hasil belajar yang menggunakan jenis penilaian formatif dengan menggunakan instrumen penilaian tes dan non tes. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Market Place Activity, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. | en_US |