dc.description.abstract | Kemampuan profesional seorang guru pada hakikatnya adalah muara dari ketrampilan dasar, dan pemahaman yang mendalam tentang anak sebagai peserta didik, objek belajar dan situasi kondusif berlangsung kegiatan pembelajaran. Untuk menghasilkan pribadi yang memiliki nilai-nilai yang positif pada peserta didik, diperlukan seorang guru profesioal. Dimana guru yang profesional bukan hanya mengajar dan mentransfer ilmu, tapi juga mendidik anak dan menanamkan nilai-nilai ajaran agama ke peserta didik yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan agama mutlak diperlukan di sekolah. Terlebih lagi di sekolah umum. Sehingga seorang guru harus mampu untuk melaksanakan semua hal yang sudah menjadi kewajiban sebagai seorang guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI di sekolah minoritas muslim kelas XII di SMAN 4 Denpasar Bali. Dimana dalam sekolah tersebut memiliki penduduk dengan beragam kebudayaan yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Denpasar Bali, dimana seluruh anggota di sekolah tersebut beragama Hindu (non muslim).
Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil perjalanan penelitian penulis akhirnya menemukan suatu kesimpulan bahwa peran guru pendidikan agama Islam di kelas XII SMAN 4 Denpasar Bali adalah sangat mendukung sekali. Baik dari segi moral maupun pendidikan. Dalam segi moralnya, guru PAI mampu membuat peserta didik merasa nyaman dengan didikan gurunya, dan menjadi orang tua bagi peserta didik selama di sekolah. Sedangkan dari segi pendidikannya, guru berperan sebagai pendidik, administrator, dan pembimbing dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Sekolah Umum Minoritas Muslim, Meningkatkan Motivasi Belajar | en_US |