Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Syahda Maulina Malya
dc.date.accessioned2024-08-05T13:13:44Z
dc.date.available2024-08-05T13:13:44Z
dc.date.issued2024-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10040
dc.description.abstractMetode pembelajaran adalah teknik atau cara penyajian materi pelajaran yang disajikan oleh guru, baik secara individual maupun berkelompok. Salah satu metode dalam pembelajaran tersebut adalah metode inkuiri. Metode Inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dalam perkembangannya metode pembelajaran harus berhasil menjadikan siswa untuk semangat dalam pembelajaran. Metode inkuiri adalah solusi dari masalah yang klasik pembelajaran yang monoton dan membosankan. Sebab metode inkuiri menjadikan kegiatan belajar yang peserta didiknya menjadi lebih aktif, keterlibatan siswa menjadi lebih dominan, pengembangan berpikir kritis, serta keterlibatan praktis, serta personalisasi pembelajaran. Hal tersebut akan mengembangkan keterampilan belajar. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa implementasi metode inkuiri dalam mata pelajaran PAI di SMKN 4 Malang dalam mengembangkan keterampilan belajar Siswa. Fokus tersebut akan mencakup implementasi, perencanaan, dan hasil atau dampak dari implementasi metode inkuiri dalam mengembangkan keterampilan belajar. Sebagai sebuah penelitian ilmiah, diperlukan cara-cara untuk menemukan hasil-hasilnya. Dalam hal ini, pendekatan kualitatif dipilih sebagai sebuah metode penelitian dan menggunakan jenis studi kasus. Adapun hasil-hasil yang ditemukan dalam penelitian adalah Implementasi metode Inkuiri telah berhasil mengembangkan keterampilan belajar pada mata pelajaran PAI siswa di SMKN 4 Malang. Implementasi metode inkuiri tersebut secara garis besar menerapkan proses Siswa dibentuk berkelompok, Siswa berdiskusi dan berkolaborasi, Siswa membuat proyek dan mempresentasikannya. Perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI telah memenuhi langkah-langkah yang ideal dalam perencanaan pembelajaran. Perencanaan dalam implementasi metode inkuiri dimulai dengan menyiapkan Bahan Ajar, menyiapkan konsep pembelajaran, menyiapkan kelompok diskusi, permainan, kolaborasi dan proyek, menyiapkan bentuk penilaian sebagai bahan evaluasi. Metode ini telah memberikan dampak dalam mengembangkan keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Keterampilan belajar siswa yang berhasil dikembangkan melalui metode inkuiri adalah kemampuan berpikir kritis keterampilan pendalaman materi, eksplorasi pertanyaan, kemandirian belajar, keterampilan diskusi dan kolaborasi, serta keterampilan komunikasi. Kata Kunci: Metode Inkuiri, PAI, Keterampilan Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Inkuirien_US
dc.subjectKeterampilan Belajaren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Metode Inkuiri dalam Mengembangkan Keterampilan Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record