dc.description.abstract | Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikanlah manusia dapat membendakan mana hal yang baik, dan mana hal yang buruk dan juga memgetahui bagaimana cara berkehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Pembentukan karakter seperti mengukir. Karakter merupakan suatu pola, baik itu berupa pikiran, perasaan, sikap, maupun tingkah laku yang melekat pada jiwa seseorang. Sikap disiplin sangat perlu ditanamkan pada anak sejak dini karena akan berpengaruh pada masa depan anak kelak.
Pada penelitian yang ditemukan di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Karangploso Malang, dimana di lembaga ini karakter siswa yang berbeda-beda dan sudah menunjukkan adanya perkembangan karakter disiplin dilihat dari kegiatan pembiasaan sebelun dan saat pembelajaran berlangsung, adanya sikap kemandirian, disiplin, dan juga memiliki kerjasama yang baik dengan teman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis karakter disiplin siswa Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Karangploso Malang, strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter disiplin siswa, dan faktor pendukung dan penghambat strategi guru pai dalam membentuk karakter disiplin siswa. Untuk mencapai penelitian tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Dalam penelitian ini, karakter disiplin siswa MTs Darun Najah Karangploso Malang termasuk disiplin yang cukup baik dimana sudah hampir keseluruhan siswa disiplin seperti: siswa hadir tepat waktu, disiplin saat mengerjakan tugas, disiplin saat mengikuti pembelajaran, disiplin saat berpakaian dan disiplin siswa dalam mentaaati peraturan, tetapi ada beberapa siswa yang masih kurang kesadaranya dalam hal kedisiplinan. Strategi yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa dengan menggunakan berbagai metode yaitu: metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, cerita atau kisah dan juga mendidik dengan kedisiplinan. Faktor- faktor yang mendukung yaitu: peran orang tua dan adanya peraturan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya kesadaran siswa akan kedisiplinan dan lingkungan.
Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin | en_US |