Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Elyka
dc.date.accessioned2024-09-10T06:52:00Z
dc.date.available2024-09-10T06:52:00Z
dc.date.issued2024-06-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10072
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mengetahui proses peningkatan ketrampilan menulis puisi kelas VIII SMP Negeri 5 Ampelgading dengan menggunakan media scrapbook(2)Mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis puisi kelas VIII SMP Negeri 5 Ampelgading dengan menggunakan media scrapbook. Penelitian tindakan kelas ini berfokus pada kondisi pembelajaran di ruang kelas seperti perubahan dalam praktik pengajaran. Keterlibatan partisipasi guru dan siswa dalam proses perencanaan berupa membuat rancangan pembelajaran yang melibatkan pemilihan media pembelajaran, sumber daya, metode evaluasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, pelaksanaan dan kontribusi peserta didik. Sedangkan pada tahap pelaksanaan yakni menggunakan lembar observasi, adapun hal yang diamati yakni aktivitas guru pada saat mengajar, peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung yang dikumpulkan berupa kualitatif (keaktifan, antusias peserta didik, mutu diskusi) maupun kuantitatif (hasil tes, kuis, nilai tugas), dan instrument guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan menulis puisi dengan media scrapbook terbukti meningkatkan proses belajar menulis puisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Ampelgading (2) Aktivitas menulis puisi dengan media scrapbook dapat meningkatkan proses belajar menulis puisi peserta didik kelas VIII. Temuan peneliti setelah diterapkan media scrapbook diperoleh rata-rata skor pada siklus I 68% menggunakan tema scrapbook sederhana dan penggunaan konten puisi yang ditentukan oleh penulis dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87% dengan penggunaan tema media scrapbook dan puisi sesuai kreativitas peserta didik atau sesuai bentuk dan puisi yang peserta didik sukai. Dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 19% dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dari hasil test antara penggunaan media dan tidak menggunakan media scrapbook memberikan pengaruh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam ketrampilan menulis puisi peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai peserta didik sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Efektivitas, Media Scrapbook, Menulis Puisien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectMedia Scrapbooken_US
dc.subjectMenulis Puisien_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Ampelgadingen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record