dc.description.abstract | Penelitian tentang efektivitas model pembelajaran PjBL yang berlandaskan pada kearifan lokal dalam pengajaran materi puisi rakyat pada jenjang SMP menjadi esensial karena mencerminkan usaha untuk menggabungkan dua elemen penting dalam dunia pendidikan: pelestarian budaya lokal dan pengembangan model pembelajaran yang terbukti efektif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest postest design. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal pretest dan postest yang masing-masing terdiri dari 10 butir soal yang akan mengukur pemahaman siswa terhadap materi puisi rakyat. Populasi yang akan menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Pakis dengan jumlah 52 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling, peneliti memilih secara acak 25 siswa dari populasi siswa kelas VII SMP Islam Pakis. Jadi, sampel yang akan diteliti adalah kelas VIIA SMP Islam Pakis yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan.
Untuk mengetahui kelayakan lembar tes maka dilakukan uji coba pada tanggal 23 Desember 2023. Hasil uji coba pada kelompok siswa kelas VIIB yang berjumlah 27 anak menunjukkan bahwa semua butir soal memiliki nilai r hitung yang lebih besar dari r tabel sehingga dapat dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa lembar tes telah memenuhi syarat. Hasil uji kesukaran menunjukkan tingkat kesukaran yang mayoritas sedang yaitu butir soal 3, 4, 5, 6, dan 9. Selanjutnya uji daya beda soal menunjukkan bahwa terdapat 5 butir soal tergolong dalam daya beda soal yang baik yakni soal nomor 1, 7, 8, 9, 10 dan terdapat 5 butir soal tergolong dalam daya beda soal yang cukup, yakni soal nomor 2, 3, 4, 5, dan 6.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata pretest dan postest sesuai dengan nilai t yang lebih kecil dari nilai t tabel dan nilai Sig yang lebih rendah dari nilai alpha 5%. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis kearifan lokal pada materi puisi rakyat kelas VIIA di SMP Islam Pakis. Hasil observasi menunjukkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat baik, keterlaksanaan proses pembelajaran semakin meningkat dari tahap pertama hingga ketiga, serta keterlibatan siswa yang aktif selama proses pembelajaran.
Kesimpulan penelitian adalah adanya perkembangan hasil belajar dalam pembelajaran materi puisi rakyat setelah perlakuan dengan menggunakan model project based learning berbasis kearifan lokal. Saran yang dapat diberikan kepada guru adalah menggunakan PjBL sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan hasil belajar dan keterampilan siswa secara menyeluruh.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kearifan Lokal, Hasil Belajar Siswa
| en_US |