Show simple item record

dc.contributor.authorIslami, Nur Dinil
dc.date.accessioned2024-09-11T04:23:03Z
dc.date.available2024-09-11T04:23:03Z
dc.date.issued2024-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10079
dc.description.abstractPendidikan Islam Multikultural di Indonesia merupakan negara dengan tingkat keragaman budaya dan agama yang sangat tinggi, yang sering kali menimbulkan tantangan dalam menjaga harmoni sosial. Dalam dunia pendidikan, sangat penting untuk mengajarkan nilai-nilai yang mendukung kohesi sosial dan saling menghormati di tengah keberagaman. SMP Brawijaya Smart School memahami pentingnya hal ini dan telah mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural ke dalam kurikulumnya. Pendekatan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya toleransi, keseimbangan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari, serta cara hidup damai bersama orang-orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMP Brawijaya Smart School. Fokus utama penelitian ini adalah 1) nilai-nilai Pendidikan islam multikultural yang di implementasikan dalam pembelajaran SMP Brawijaya Smart School Malang, 2) proses implementasi nilai-nilai Pendidikan islam multikultural di SMP Brawijaya Smart School Malang, 3) implikasi implementasi nilai-nilai Pendidikan islam multikultural SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga proses menurut Milles Huberman meliputi, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan Kesimpulan. Subjek penelitian mencakup guru, siswa, dan kepala sekolah di SMP Brawijaya Smart School. Berdasarkan hasil penelitian, yang di dapatkan adalah: 1) nilai-nilai Pendidikan islam multikultural yang di implementasikan dalam pembelajaran SMP Brawijaya Smart School Malang, menunjukkan bahwa sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai seperti tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), tasamuh (toleransi), dan ta’awun (saling menolong) dalam pembelajarannya, 2) proses implementasi nilai-nilai Pendidikan islam multikultural di SMP Brawijaya Smart School Malang, Proses penerapannya melibatkan peran aktif guru sebagai fasilitator, kebijakan sekolah yang mendukung keberagaman, dan kegiatan keagamaan yang inklusif, 3) implikasi implementasi nilai-nilai Pendidikan islam multikultural SMP Brawijaya Smart School Malang, Implikasi dari penerapan ini adalah peningkatan sikap toleransi, menyelesaikan konflik secara damai, kesejahteraan sosial, dan kerjasama antar siswa dari berbagai latar belakang. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai, Pendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectNilai-Nilaien_US
dc.subjectPendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.titleImplementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record