dc.description.abstract | Media tiktok saat ini hampir digunakan oleh semua kalangan masyarakat,salah satunya digunakan untuk mengetahui berbagai informasi. TikTok adalah platform media sosial yang paling populer saat ini (Herman 2022). Tiktok sebagai salah satu media sosial yang digunakan secara berlebihan, akan sangat berdampak buruk pada perilaku siswa. Padahal semakin sering media sosial tiktok itu digunakan bukan untuk hal yang positif, maka akan berpengaruh pada perilaku siswa ( Ariyanto, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perilaku religius siswa di SMAN 1 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik sampel yang digunakan menggunakan Purposive Sampling dengan ukuran sampel sebanyak 30 orang siswa yang bersumber siswa kelas X-V yang aktif menggunakan media sosial tiktok. Teknik analisis data untuk uji instrumen adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji hipotesis menggunakan uji Korelasi Product Moment/Uji R dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukan uji korelasi Pearson Product Moment, diperoleh nilai signifikansi korelasi antara variabel media sosial TikTok dan perilaku religius sebesar 0,547. Nilai ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yang termasuk dalam kategori lemah. hasil uji hipotesis (H1) yang menyatakan adanya pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku religius siswa ditolak, yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial tiktok terhadap perilaku religius siswa di SMAN 1 Malang. Temua dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial tikto tidak berpengaruh pada perilaku religius siswa.
Kata Kunci : Pengaruh, Penggunaan Media Sosial Tiktok, Perilaku Religius | en_US |