Penggunaan Metode Al – Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Salafiyah Al – Hasani, Pakis Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Ma’ruf, Muhamad Khoirul Anam
dc.date.accessioned 2020-12-21T02:03:45Z
dc.date.available 2020-12-21T02:03:45Z
dc.date.issued 2020-05-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1011
dc.description.abstract Sebuah keniscayaan bahwasannya pesantren merupakan pusat pendidikan, terutama dalam bidang pendidikan islam. Didalam pesantren terdapat elemen – elemen penunjang untuk melaksanan pengajaran berbagai macam studi keilmuan, seperti kehadiran madrasah diniyah sebagai pusat pendidikan islam yang berada di pesantren. Pembelajaran intens tentang ilmu – ilmu keislaman yang dilakukan di madrasah diniyah dengan merujuk kitab- kitab klasik (kitab kuning) karangan para salafus sholihin pada zaman dahulu merupakan hal yang jarang dijumpai pada lembaga – lembaga pendidikan lainnya. Digunakannya kitab kuning sebagai rujukan utama pada pembelajaran di madrasah diniyah, menjadikan madrasah diniyah Al – Hasani sangat memperhatikan dengan serius pembelajaran baca kitab kuning dengan tujuan santri benar – benar berkualitas dan bisa membaca, memahami dan menerapkan dari kitab kuning yang telah mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kondisi pembinaan baca kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Salafiyah Al Hasani, Pakis – Malang, penerapan metode Al – Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning pada santri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Salafiyah Al – Hasani, Pakis – Malang, dan hambatan yang terjadi dalam proses pembalajaran metode Al Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning pada santri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Salafiyah Al – Hasani, Pakis – Malang. Penelitian yang telah dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa proses pengumpulan data diantara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selajutnya peneliti menggunakan analisa kualitatif untuk mengkaji hasil penelitiannya yang meliputi, Reduksi data,display data dan menarik kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penelitian guna menjawab fokus penelitian yang ada yaitu (1) Proses pembinaan baca kitab kuning di madrasah diniyah Al – Hasani dilkukan sejak awal santri masuk kelas persiapan serta pembelajarannya dilakukan dengan berjenjang dan sistematis berkesinambungan mulai dari tingkat rendah ketigkat yang lebih tiggi. (2) terdapat tiga indikator bahwasannya santri madrasah diniyah Al – Hasani dikatakan memperoleh peningkatan dalam proses penerapan pembelajaran membaca kitab vii kuning metode Al – Miftah Lil Ulum 3 indikator tersebut adalah: (a) Santri bisa membedakan dan mengetahui kedudukan dari setiap kalimat atau lafadz dalam kitab kuning, (b) Hasil belajar santri meningkat dari standar KKM, (c) Bisa membaca dan memahami kitab kuning dengan tepat. (3) Beberapa hambatan yang ditemui ketika proses pembalajaran metode Al Miftah Lil Ulum di madrasah diniyah Al – Hasani diantaranya Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimaksud disini adalah tenaga pendidiknya, kejenuhan dalam proses pembelajaran, dan alokasi waktu yang kurang. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Metode Al-Miftah Lil Ulum en_US
dc.subject Kualitas Membaca Kitab Kuning en_US
dc.title Penggunaan Metode Al – Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Salafiyah Al – Hasani, Pakis Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account