Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa MTS Assaidiyah Ngali Bima Nusa Tenggara Barat

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Auliyah, Khairul
dc.date.accessioned 2020-12-21T02:04:48Z
dc.date.available 2020-12-21T02:04:48Z
dc.date.issued 2020-08-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1014
dc.description.abstract Pada era globalisasi yang terus berkembang saat ini dapat mengakibatkan pengaruh yang negatif dan juga pengaruh positif di dalam masyarakat, khususnya yang terjadi pada kalangan siswa.. Contohnya yang terjadi pada saat sekarang banyak anak-anak yang melakukan tindakan kekerasan atau kriminalitas seperti pembunuhan, penipuan, narkoba, kekerasan seksual terhadap anak usia dini, dan lain sebagainya. Dengan meningkatnya tekhnologi informasi saat ini, peserta didik bahkan anak-anak yang belum memasuki jenjang sekolah pun bisa menelusuri tentang hal-hal yang ingin mereka tonton tanpa mengetahui dampak yang akan terjadi kedepannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasahan : 1) Bagaimana akhlak siswa di MTS Assaidiyah Ngali Bima Nusa Tenggara Barat, 2) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTS Assaidiyah Ngali Bima Nusa Tenggara Barat, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah siswa MTS Assaidiyah Ngali Bima Nusa Tenggara Barat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar MTS Assaidiyah Ngali, Bima NTB. Metode pengumpulan data dalam penelitian ii ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkanbahwa : 1) Akhlak atau tingkah laku siswasiswi di MTS Assaidiyah Ngali yaitu sebagian besar siswa telah bertaqwa kepada Allah dengan melakukan sholat berjamaah di Musholah, memulai pelajaran dengan membaca Al-Qur’an, menghormati guru dan orang yang lebih dewasa ,bersikap jujur dan ikhlas. Hanya saja ditemukan beberapa siswa yang masih sering melakukan pelanggaran sekolah seperti memakai seragam yang tidak ditentukan sekolah, bolos sekolah, mencet HP disaat proses pembelajaran, dan pacaran.. 2) Peran guru aqidah akhlak MTS Assaidiyah Ngali ialah sebagai pembimbing, penasehat, dan sebagai contoh teladan. Faktor penghambat, faktor penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah siswa yaitu dari lingkungan, media masa, dan dari faktor keluarga. Faktor lingkungannya yaitu pergaulan anak-anak diluar sekolah yang kurang mendukung. Sedangkan media masa juga dapat memberikan contoh yang kurang baik atau dampak negatif, seperti tayang-tayangan televisi yang kurang mendidik, game, dan lain-lain, sehingga sulit dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Kemudian faktor keluarga yaitu orang tua yang kurang memperhatikan anaknya, orangtua hanya sibuk degan pekerjaannya sehingga anak ini merasa kurang diperhatikan oleh orantua dan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sewajarnya. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Akhlakul Karimah en_US
dc.subject Aqidah en_US
dc.title Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa MTS Assaidiyah Ngali Bima Nusa Tenggara Barat en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account