Show simple item record

dc.contributor.authorFitriana, Luluk
dc.date.accessioned2024-09-29T13:08:44Z
dc.date.available2024-09-29T13:08:44Z
dc.date.issued2024-07-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10156
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran (KBM) pada pembelajaran tematik ini, kebanyakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, misalnya hanya menggunakan media PPT, papan tulis, gambar. Hal tersebut monoton untuk siswa perhatikan dengan baik selama proses pembelajaran tematik terjadi. Akibatnya, siswa mengalami penurunan minat dalam belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar yakni media pembelajaran yang kurang menarik. Media pembelajaran saat ini yang dapat digunakan yaitu kahoot berbasis gamification sesuai perkembangan teknologi saat ini. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran tematik siswa kelas 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quansi eksperimen. Populasinya sebanyak 56 siswa. Teknik penggunaan sampel menggunakan simple random sampling, sampelnya siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistic deskriptif dan statistic inferensial yang meliputu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen menggunakan Kahoot memiliki skor maksimal 39 dan skor minimal 27, dengan rata-rata 34,4 dan standar deviasi 3,1. Minat belajar siswa pada kategori tinggi terdapat 15 siswa, sedangkan kategori sedang 6 siswa, kategori rendah 5 siswa, dan sangat rendah 3 siswa. Sementara itu, kelas kontrol memiliki skor maksimal 39, skor minimal 26, rata-rata 32,1, standar deviasi 3,3, dengan minat belajar siswa pada kategori rendah terdapat 14 siswa, sangat rendah 2 siswa, tinggi 4 siswa, dan sangat tinggi 2 siswa. Pada hasil uji independent sampel t-test dengan didapatkan nilai signifikasi yakni nilai (2-tailed) sebesar 0,011. Nilai signifikasi yang didapatkan lebih kecil dari 0,05 atau 0,011< 0,05. Sesuai dengan kaidah, apabila (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya penggunaan media pembelajaran Kahoot ada pengaruh terhadap minat belajar siswa siswa pada mata pelajaran tematik kelas. Kata Kunci : Minat Belajar, Kahoot, Siswa, Pembelajaran, Tematiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectKahooten_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectTematiken_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI Khadijah Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record