UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Browse by
Recent Submissions
-
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2025-01-24)Pemahaman membaca siswa merupakan langkah awal yang penting dalam partisipasi mereka dalam pembelajaran di sekolah, maka dari itu kemampuan membaca menjadi hal yang sangat penting dimiliki setiap siswa karena keberhasilan ... -
Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Brawijaya Smart School Malang
(Universitas Islam Malang, 2025-01-24)Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit oleh siswa, terutama ketika metode yang digunakan kurang menarik dan monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar, kurangnya keterlibatan siswa, dan hasil ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran PKn Kelas 5 MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-12-07)Pengajaran yang kurang bervariatif dapat menyebabkan siswa kurang berminat belajar dan mempengaruhi prestasi akademiknya. Karena memungkinkan analisis pemahaman siswa selama proses pembelajaran, maka hasil belajar ... -
Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-11-25)Model pembelajaran CTL adalah salah satu model pembelajaran yang lebih mengutamakan kerjasama, saling menunjang, menyenangkan, tidak membosankan, dengan sumber belajar yang nyata siswa dapat berfikir kritis, guru kreatif ... -
Keterampilan Guru Dalam Pemberian Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDN Merjosari 02
(Universitas Islam Malang, 2025-02-10)Keterampilan mengadakan variasi ialah keterampilan dasar yang dimiliki oleh guru untuk menjaga iklim pembelajaran yang menarik perhatian sehingga peserta didik aktif dan berpartisipasi dalam setiap langkah pembelajaran. ... -
Pemanfaatan Filter Tiktok Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pramuka
(Universitas Islam Malang, 2025-02-11)TikTok merupakan salah satu platform yang sedang popular menawarkan format video singkat yang menarik bagi pengguna. TikTok adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk merekam video yang relatif pendek berdurasi 15 ... -
Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Sekolah di Mi Islamiyah Kebonsari Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-12-30)Kata kunci: Pembentukan Karakter Religius, Budaya Sekolah Di Indonesia gencarnya arus globalisasi sekarang dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Ironisnya bahwa ... -
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Model pembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya inovasi dan kreasi seorang guru adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan seorang guru yang lebih memilih menggunakan metode ... -
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Ubudiyah Untuk Membentuk Sikap Religius Siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan nilai -nilai moral, etika, dan perilaku positif pada individu. Melalui pendidikan karakter, seseorang diajarkan tentang pentingnya integritas, ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan adalah salah satu faktor utama yang harus ditingkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Untuk meningkatkan pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ... -
Analisis Miskonsepsi Matematika Untuk Meminimalisir Kesalahan Berhitung Matematika Siswa Kelas V di MI Al Hidayah Sumberkreco, Sidomulyo, Kecamatan Jabung
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Matematika merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan untuk membangun kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama (Fajarsari dkk., 2023). Pembelajaran matematika adalah ... -
Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 4-B MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan karakter merupakan aspek yang sangat penting dalam pengembangan siswa secara holistik. Tujuan utama pendidikan karakter adalah membentuk sikap dan nilai-nilai positif pada siswa. Salah satu karakter yang penting ... -
Implementasi Pembelajaran IPAS Dalam Membentuk Karakter Kepedulian Terhadap Sesama di Lingkungan Sekolah Siswa Kelas 4 SDI Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Perkembangan karakter siswa, khususnya dalam kepedulian terhadap sesama di lingkungan sekolah, sangat dipengaruhi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Permasalahan lingkungan hidup di dunia global ... -
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV MI Hiyatus Sibyan Wonokoyo Kedungkandang Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Seluruh upaya guru untuk menyediakan lingkungan belajar yang produktif dan menarik yang menginspirasi siswa untuk belajar sebaik mungkin kemampuan mereka secara kolektif disebut sebagai manajemen kelas. Guru bertanggung ... -
Implementasi Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun kecerdasan dan kepribadian seseorang yang berpusat pada pengamalan mengenai nilai-nilai keagamaan (religius). Apabila seseorang memiliki pendidikan tetapi tidak menjadikan ... -
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Bersusun Kelas IV di MI Al-Fattah Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Matematika merupakan sarana untuk memecahkan maslah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasai dengan baik, namun Sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika adalah mata Pelajaran yang sulit, khususnya siswa ... -
Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Sikap Toleransi Siswa Kelas VI A Melalui Mata Pelajaran PKN di Mi Azharul Ulum 02 Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-26)Penanaman nilai-nilai multikultural sangat penting untuk memperkuat sikap toleransi di Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan multikultural bertujuan untuk mencakup semua siswa tanpa membedakan gender, etnis, ras, budaya, status ... -
Penerapan Metode Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB di MI Nurul Ulum Arjosari
(Universitas Islam Malang, 2024-08-22)Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik lewat pembelajaran berbasis proyek. Selain itu peneliti ingin meningkatkan minat terhadap mata pelajran IPAS dan keterampilan ... -
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SD Brawijaya Smart School Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Guru perlu menggunakan berbagai teknik dan metode untuk meningkatkan proses pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Selain itu, siswa perlu mengambil peran aktif dalam pembelajaran. Perencanaan ... -
Strategi Guru dalam Membina Kesulitan Membaca Peserta Didik di MI Miftahul Ulum Ampeldento Karangploso Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Masalah dalam proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari kegiatan kelas, terutama jika menyangkut kesulitan membaca di kelas rendah. Guru perlu memiliki strategi pembelajaran untuk membuat tujuan pembelajaran dalam ...