UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Browse by
Recent Submissions
-
Pengaruh Minat dan Keaktifan Ekstrakurikuler terhadap Kedisiplinan Ekstrakurikuler Siswa Kelas IV dan V MI Al-Huda Rejowinangun
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Di era saat ini, pendidikan merupakan suatu kebutuhan mutlak bagi setiap individu. Pendidikan memiliki potensi besar untuk melahirkan generasi yang berkembang dengan karakter yang unggul. Salah satu aspek penting dari ... -
Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Prangas Klepu Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Dalam bidang pendidikan yang ada di Indonesia masih terdapat sejumlah permasalahan mengenai rendahnya kualitas pendidikan terkait dengan metode yang digunakan guru dalam mengajar. Selama ini pembelajaran matematika ditingkat ... -
Strategi Pembimbingan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1B di MI Thoriqul Huda Kecamatan Wagir Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Pendidikan adalah proses mendidik dan membimbing peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu yang berupa perubahan positif pada diri anak. Pendidikan dimulai dari keluarga yaitu orang tua. Orang tua adalah madrasah pertama ... -
Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Al Ma’arif 07 Singosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Motivasi siswa dalam pembelajaran di sekolah sangatlah beragam. Setiap guru memiliki strategi yang berbeda-beda dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Brawijaya Smart School Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Pembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya inovasi dan kreasi seorang guru adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan seorang guru yang lebih memilih menggunakan metode konvensional ... -
Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward pada Pelajaran Matematika Kelas V di MIS Al Khoiriyah Pakis
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Mata pelajaran matematika pada kelas atas memiliki kompleksitas materi yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi secara terus menerus. Pemberian reward yang digunakan ... -
Strategi Pustakawan dalam Meningkatkan Citra Perpustakaan di MI Almaarif 02 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Kemajuan masyarakat dan bangsa sangat bergantung pada pendidikan, dan perpustakaan sekolah merupakan elemen penting yang mendukung pembelajaran. Persepsi positif terhadap institusi dan minat literasi dibangkitkan oleh ... -
Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Tematik di Kelas 3A SD Brawijaya Smart School Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Dunia pendidikan harus mampu mengikuti dan menerapkan akan perkembangan teknologi digital yang dapat dimanfaatkan pada lingkup pendidikan khususnya penerapan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran telah menjadi bagian ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-22)Kegiatan pembelajaran (KBM) pada pembelajaran tematik ini, kebanyakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, misalnya hanya menggunakan media PPT, papan tulis, gambar. Hal tersebut monoton untuk ... -
Implementasi Program Green Force dalam Membentuk Kreativitas Siswa SD Anak Saleh Tunggulwulung Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Program green force merupakan inisiatif sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengembangkan kreativitas siswa melalui berbagai kegiatan berbasis ekologi, terbentuknya program green force ... -
Implementasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka dalam Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas IV di MI Al-Fattah Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-06-19)Salah satu reformasi pendidikan yang dilaksanakan pemerintah Indonesia pada tahun 2022 adalah Kurikulum Merdeka. Struktur kurikulum yang terdiri atas kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler dan Proyek Penguatan Profil Pelajar ... -
Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas II F di MIN 1 Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-06-22)Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) karakter disiplin siswa kelas II F di MIN 1 Kota Malang, 2) Proses implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas II F di MIN 1 Kota Malang, 3) ... -
Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler di MI Miftahul Ulum Ampeldento
(Universitas Islam Malang, 2024-06-19)Tahap pertama yang akan menjadi dasar dan kuat untuk pengembangan karakter dan mempengaruhi kesuksesan dimasa yang akan datang seseorang adalah pendidikan dasar. Dengan demikian, untuk meletakkan dasar yang kuat dan tanpa ... -
. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gondanglegi Wetan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
(Universitas Islam Malang, 2024-07-06)Kesulitan belajar terjadi pada siswa kelas IV SDN 1 Gondanglegi Wetan. Metode belajar yang kurang inovatif menimbulkan kesulitan siswa dalam menerima materi. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah pembelajaran ... -
Penggunaan Aplikasi Tiktok dalam Mendukung Minat Anak di Study Buddy Desa Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-06-05)Aplikasi Tiktok merupakan jejaring sosial berbasis video musik yang memberikan akses kepada penggunanya untuk membuat video musik berdurasi singkat. Tidak dapat dipungkiri penggunaan aplikasi Tiktok juga dapat mengekspresikan ... -
Implementasi Madrasah Digital dalam Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar di MIN 1 Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-02-16)Madrasah memiliki peran yang penting dalam pembangunan bangsa. Madrasah menjadi wadah bagi orang tua untuk membantu anak berkembang sesuai dengan zaman, minat dan bakat yang dimilikinya. Dewasa ini, madrasah juga harus ... -
Place Attachment: Kegiatan Favorit Pembentuk Identitas Individu Siswa Kelas III di MI Al-Ma’arif 11 Gunungrejo Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-02-16)Pada saat ini pembentukan identitas individu siswa dapat dilihat dari beberapa aspek termasuk kegiatan favorit yang mereka lakukan di sekolah. Kegiatan favorit yang dipilih oleh siswa dapat mencerminkan dari bakat, minat, ... -
Penerapan Permainan Tradisional Lompat Bambu dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di MI Syihabuddin
(Universitas Islam Malang, 2024-02-16)Disiplin adalah sikap ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan dan norma yang berlaku. Karakter ini penting untuk dimiliki peserta didik. Disiplin merupakan suatu karakter yang menjadi kunci keberhasilan dalam aktivitas ... -
Penanaman Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Nasionalisme di SD Islam Daarul Fikri Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-02-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan penanaman nilai pancasila menumbuhkan karakter nasionalisme (2) pelaksanaan penanaman nilai pancasila menumbuhkan karakter nasionalisme (3) faktor pendukung dan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning di Era New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-01-22)Masalah dalam penelitian ditemukan gejala atau kesulitan dalam hasil belajar siswa yang berpengaruh karena proses pembelajaran yang dilakukan secara online tersebut menyebabkan factor internal, yakni keadaan-keadaan yang ...