UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Browse by
Recent Submissions
-
Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Sekolah di Mi Islamiyah Kebonsari Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-12-30)Kata kunci: Pembentukan Karakter Religius, Budaya Sekolah Di Indonesia gencarnya arus globalisasi sekarang dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Ironisnya bahwa ... -
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Model pembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya inovasi dan kreasi seorang guru adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan seorang guru yang lebih memilih menggunakan metode ... -
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Ubudiyah Untuk Membentuk Sikap Religius Siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan nilai -nilai moral, etika, dan perilaku positif pada individu. Melalui pendidikan karakter, seseorang diajarkan tentang pentingnya integritas, ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan adalah salah satu faktor utama yang harus ditingkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Untuk meningkatkan pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ... -
Analisis Miskonsepsi Matematika Untuk Meminimalisir Kesalahan Berhitung Matematika Siswa Kelas V di MI Al Hidayah Sumberkreco, Sidomulyo, Kecamatan Jabung
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Matematika merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan untuk membangun kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama (Fajarsari dkk., 2023). Pembelajaran matematika adalah ... -
Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 4-B MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan karakter merupakan aspek yang sangat penting dalam pengembangan siswa secara holistik. Tujuan utama pendidikan karakter adalah membentuk sikap dan nilai-nilai positif pada siswa. Salah satu karakter yang penting ... -
Implementasi Pembelajaran IPAS Dalam Membentuk Karakter Kepedulian Terhadap Sesama di Lingkungan Sekolah Siswa Kelas 4 SDI Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Perkembangan karakter siswa, khususnya dalam kepedulian terhadap sesama di lingkungan sekolah, sangat dipengaruhi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Permasalahan lingkungan hidup di dunia global ... -
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV MI Hiyatus Sibyan Wonokoyo Kedungkandang Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Seluruh upaya guru untuk menyediakan lingkungan belajar yang produktif dan menarik yang menginspirasi siswa untuk belajar sebaik mungkin kemampuan mereka secara kolektif disebut sebagai manajemen kelas. Guru bertanggung ... -
Implementasi Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun kecerdasan dan kepribadian seseorang yang berpusat pada pengamalan mengenai nilai-nilai keagamaan (religius). Apabila seseorang memiliki pendidikan tetapi tidak menjadikan ... -
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Bersusun Kelas IV di MI Al-Fattah Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Matematika merupakan sarana untuk memecahkan maslah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasai dengan baik, namun Sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika adalah mata Pelajaran yang sulit, khususnya siswa ... -
Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Sikap Toleransi Siswa Kelas VI A Melalui Mata Pelajaran PKN di Mi Azharul Ulum 02 Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-26)Penanaman nilai-nilai multikultural sangat penting untuk memperkuat sikap toleransi di Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan multikultural bertujuan untuk mencakup semua siswa tanpa membedakan gender, etnis, ras, budaya, status ... -
Penerapan Metode Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB di MI Nurul Ulum Arjosari
(Universitas Islam Malang, 2024-08-22)Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik lewat pembelajaran berbasis proyek. Selain itu peneliti ingin meningkatkan minat terhadap mata pelajran IPAS dan keterampilan ... -
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SD Brawijaya Smart School Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Guru perlu menggunakan berbagai teknik dan metode untuk meningkatkan proses pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Selain itu, siswa perlu mengambil peran aktif dalam pembelajaran. Perencanaan ... -
Strategi Guru dalam Membina Kesulitan Membaca Peserta Didik di MI Miftahul Ulum Ampeldento Karangploso Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Masalah dalam proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari kegiatan kelas, terutama jika menyangkut kesulitan membaca di kelas rendah. Guru perlu memiliki strategi pembelajaran untuk membuat tujuan pembelajaran dalam ... -
Implementasi Program Literasi Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Arjosari
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Literasi sendiri adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, dan memahami bahasa dalam konteks sosial dan budaya yang relevan. Literasi mencakup kemampuan dasar untuk mengenali huruf, kata, dan kalimat, ... -
Strategi Kepala Madrasah dalam Mencegah Tindakan Bulliying di MI Miftahul Ulum Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2024-05-13)Lembaga pendidikan merujuk kepada entitas baik yang dikelola oleh pemerintah maupun oleh sektor swasta yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan proses pendidikan. Sekolah, sebagai salah satu lembaga pendidikan, juga ... -
Implementasi Media Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Tulusbesar Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-20)Pembelajaran merupakan suatu proses di mana siswa terhubung dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan. Proses pembelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Namun, mencapai hasil ... -
Implementasi Pendidikan Karakter di MI Bustanul Ulum Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2024-07-24)Berdasarkan dari tujuan pendidikan nasional, pendidikan disekolah tidak hanya terkait dengan upaya penguasaan dibidang akademik saja, melainkan harus diimbangi dengan pendidikan karakter. Sekolah/madrasah sebagai lembaga ... -
Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin Tema Kearifan Lokal di MI Raden Patah
(Universitas Islam Malang, 2024-06-28)Proses lmplementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Profil Rahmatan Lil ‘Alamin di MI Raden Patah Tema Kearifan Lokal meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaanya. Penelitian ini menggunakan ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak siswa di SD Negeri 2 Pujon Lor Kecamatan Pujon
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Aspek negatif dari kemajuan teknologi yang cepat ini dapat merusak nilai-nilai akhlak dan keyakinan seseorang. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kerusakan akhlak seseorang adalah melalui pendidikan. Sedangkan sekolah ...