Show simple item record

dc.contributor.authorAini, Aristya Nur
dc.date.accessioned2024-09-29T13:12:47Z
dc.date.available2024-09-29T13:12:47Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10157
dc.description.abstractDunia pendidikan harus mampu mengikuti dan menerapkan akan perkembangan teknologi digital yang dapat dimanfaatkan pada lingkup pendidikan khususnya penerapan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia yang harus dijalani. Proses pembelajaran merupakan pentransferan, penyaluran ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik. Sementara itu dalam sebuah pembelajaran tidak luput dari penggunaan media pembelajaran sebagai alat penyampai, di SD Brawijaya Smart School pada jenjang kelas 3A ini dalam kegiatan belajar sehari-hari selaku guru kelas yang mengajar telah menerapkan media teknologi digital. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Menggunakan sumber data primer, yang diperoleh melalui kesaksian yang dikumpulkan oleh peneliti atau menyelidiki secara langsung dari lokasi penelitian. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus, Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi yang diolah dalam bentuk catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu SD Brawijaya Smart School Kota Malang terletak di Jalan Cipayung, No. 8, Ketawang Gede Lowokwaru, Kota Malang. Hasil dari penelitian ini bahwa SD Brawijaya Smart School Kota Malang telah memanfaatkan teknologgi digital sebagai media pembelajaran, khusunya pada jenjang kelas 3A. Penyusunan program media pembelajaran melalui perencanaan perangkat pembelajaran serta memiliki peran yang sangat krusial, dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai maka pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Tentu terdapat hambatan dalam pelaksanaannya yaitu berkaitan dengan kendala listrik apabila mengalami pemadaman. Sumber media digital yang dimanfaatkan ini berupa aplikasi, web atau platform. Hal ini memperoleh hasil bahwa respon siswa antusias dan menyambut dengan baik pada penggunaan media teknologi digital. Ini dapat membantu guru dan siswa memperoleh informasi dan belajar, adapun kendala yang dialami guru ialah harus beradaptasi cepat dengan perubahan teknologi yang semakin canggih. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru belajar kembali bagaimana cara menggunakan teknologi dalam kegiatan mengajar di kelas. Penggunaan teknologi digital ini menimbulkan dampak bagi siswa yang akibatnya mengalami kecanduan atau ketergantungan rasa ingin terus menerus belajar secara instan menggunakan teknologi. Kata kunci: Teknologi Digital, Media Pembelajaran  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTeknologi Digitalen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Tematik di Kelas 3A SD Brawijaya Smart School Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record