Show simple item record

dc.contributor.authorAfifa, Jumrotun Naziyatul
dc.date.accessioned2024-09-29T13:12:58Z
dc.date.available2024-09-29T13:12:58Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10160
dc.description.abstractPembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya inovasi dan kreasi seorang guru adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan seorang guru yang lebih memilih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk mendengarkan penjelasan guru, dan pada akhirnya siswa kurang mampu memahami materi yang telah guru sampaikan. Terutama dalam pembelajaran matematika yang dipandang negatif oleh kebanyakan siswa, banyak presepsi siswa yang menyatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan sangat sulit untuk difahami, oleh karena itu seorang guru harus lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media dalam penyampaian materi. Seperti halnya dalam penggunaan media pembelajaran papan pintar dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan pintar terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran media pembelajaran papan pintar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment design dengan desain penelitian nonequivalent group posttest only design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas II SD Brawijaya Smart School Malang dengan jumlah 105 siswa. Teknik penggunaan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, yakni kelas II-C dan II-A sebanyak 52 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas, terdapat 18 soal yang valid dengan kata lain instrument ini layak untuk di gunakan tes hasil belajar dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen ialah uji validitas dan uji realibilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS Stasistics 25. Hasil dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran papan pintar terhadap hasil belajar. Terbukti melalui hasil belajar siswa lebih maksimal dengan menggunakan media pembelajaran papan pintar dari pada menggunakan media pembelajaran sempoa yang dibuktikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran papan pintar menunjukkan nilai rata-rata 88,17 sedangkan menggunakan media pembelajaran sempoa memiliki nilai rata-rata 69,00. Berdasarkan analisis data melalui uji statistik menggunakan hasil belajar siswa dalam uji Independent Sample T-Test dengan hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan benar dan terdapat pengaruh yang signifikan (H_(0 )ditolak dan H_a diterima). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan sesuai dengan rumusan masalah dan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran papan pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SD Brawijaya Smart School Malang. Dapat dibuktikan bahwa melalui uji statistik menunjukkan hasil signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H_(0 )ditolak dan H_a diterima. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Pintar, Matematikaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPapan Pintaren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Brawijaya Smart School Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record