dc.description.abstract | Pendidikan adalah proses mendidik dan membimbing peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu yang berupa perubahan positif pada diri anak. Pendidikan dimulai dari keluarga yaitu orang tua. Orang tua adalah madrasah pertama bagi anak. Tanpa orang tua anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Bimbingan dan pengawasan secara berkala sangat diperlukan karena kehidupan anak merupakan tanggung jawab orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembimbingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat lima siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi dan lima siswa memiliki tingkat motivasi rendah. Beberapa strategi yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu memberikan hadiah, memberikan pujian, memberikan suri tauladan yang baik, menyediakan fasilitas belajar yang memadai, dan meluangkan waktu untuk menemani anak belajar. Sedangkan hambatan yang dialami oleh orang tua yaitu faktor internal yang berasal dari diri orang tua dan dari diri anak sendiri serta faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekitar.
Kata kunci: Strategi Pembimbingan, Meningkatkan Motivasi Belajar, Siswa Kelas Rendah SD/MI | en_US |