Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Dewi Komala
dc.date.accessioned2024-10-01T02:44:58Z
dc.date.available2024-10-01T02:44:58Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10218
dc.description.abstractSikap disiplin sangatlah penting bagi siswa agar bisa mencapai hasil belajar secara optimal serta siswa dapat mendalami pendidikan religius, sehingga dapat menumbuhkan sikap yang baik, jujur, tanggung jawab, amanah, suportif dan tekun beribadah. Maka dari itu pihak sekolah menerapkan kegiatan program imtaq yang mempunyai tujuan potensi agar siswa bisa terus berkembang dalam sebuah karakter kedisiplinan. Kegiatan program imtaq merupakan pendidikan yang dijalankan bukan pada jam mata pelajaran, yang mana memiliki tujuan agar semua potensi yang dimiliki siswa bisa terus berkembang. Disamping itu kegiatan ini bisa dijadikan wadah untuk penyaluran minat, hobi yang harapannya bisa menambah kepercayaan diri dan mengasah daya kreativitas yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan perencanaan program imtaq dalam membentuk sikap disiplin siswa di SMA Negeri 1 Malang (2). Mendeskripsikan pelaksanaan program imtaq dalam membentuk sikap disiplin siswa SMA Negeri 1 Malang (3). Mendeskripsikan evaluasi penerapan program imtaq dalam membentuk siskap disiplin siswa SMA Negeri 1 Malang. Studi yang dilaksanakan ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknis pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknis analisis data yang di gunakan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program imtaq untuk membentuk sikap disiplin siswa SMA Negeri 1 Malang yakni: menentukan tujuan untuk mencapai pendidikan non akademik hal ini diwujudkan dengan adanya program ektrakulikuler keagamaan yang dilaksanakan beberapa metode yaitu: metode diskusi pada kegiatan pondok ramadhan, begitu pula pada kegiatan PHBI menggunakan metode pengorganisasian dan yang terakhir menggunakan metode menghafal pada saat tausiyah berlangsung kemudian, evaluasi tersebut dilakukan oleh pembina imtaq di SMA N 1 Malang ini dengan menekankan tindakan penilaian berwujud pengamatan terhadap kedisiplinan keseharian siswa melalui kegiatan program imtaq yang bisa mengungkapkan keberhasilan disiplin dalam kegiatan tersebut. Dan evaluasi program imtaq dalam membentuk sikap disiplin ini agar peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dan disiplin menjalankan aturan sekolah merupakan suatu hal yang bermanfaat. Penelitian ini diharapkan agar pembina dan anggota program imtaq SMA Negeri 1 Malang hendaknya lebih semangat dalam melaksanakan program yang sudah di sepakati supaya senantiasa mengutamakan pendidikan karakter terutama dalam kedisiplinan agar menjadi lembaga sebagai salah satu model dalam mengimplementasikan sikap kedisiplinan bagi peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Program Imtaq, Sikap Disiplin.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectProgram Imtaqen_US
dc.subjectSikap Disiplinen_US
dc.titleImplementasi Program Imtaq dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record