Show simple item record

dc.contributor.authorZumma, Nur Atiqa
dc.date.accessioned2024-10-01T05:31:39Z
dc.date.available2024-10-01T05:31:39Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10231
dc.description.abstractAdanya perbedaan pandangan dikalangan masyarakat terkait pembelajaran kitab-kitab karya Ulama di pondok pesantren maupun di lembaga sekolah, yang dianggap ketinggalan zaman dan kurang berperan dalam dunia pendidikan. Sehingga perlu adanya penelitian mengenai relevansi kitab dengan kondisi pendidikan saat ini, salah satunya kitab Alala dengan peraturan pemerintah terkait dengan pendidikan, khususnya pendidikan karakter, untuk memberikan fakta yang akurat bahwa kitab Alala masih memiliki peran penting dalam dunia pendidikan hingga saat ini. Dalam rangka mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan studi pustaka, karena untuk memperoleh informasi secara rinci dan lengkap dilakukan melalui bantuan berbagai macam literatur seperti buku referensi, artikel, jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi, teknik ini berfungsi untuk mengungkapkan makna tersirat dan tersurat dalam syair kitab Alala mengenai nilai-nilai pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian, yang didapatkan adalah: 1) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Alala adalah pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) Dimensi profil pelajar Pancasila menurut kemendikbudristek tahun 2022 ada 6 dimensi dengan masing-masing elemen dan subelemen, dismensi yang dimaksud adalah dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, dimensi berkebinekaan global, dimensi bergotong royong, dimensi mandiri, dimensi bernalar kritis, dan dimensi kreatif. 3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Alala sebagian besar memiliki relevansi dengan dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu karakter bersahabat/komunikatif, karakter kreatif, karakter peduli sosial relevan, karakter tanggung jawab, karakter religius, karakter jujur, karakter mandiri, karakter toleransi, karakter cinta damai, dan karakter disiplin. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Alālā, Profil Pelajar Pancasilaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectKitab Alālāen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titleNilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Alālā Karya Syekh Al-Zarnuji dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasilaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record