Show simple item record

dc.contributor.authorSania, Jauharoh
dc.date.accessioned2024-10-01T13:45:24Z
dc.date.available2024-10-01T13:45:24Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10277
dc.description.abstractAl-Qur’an merupakan kitab suci dalam agama Islam yang berfungsi sebagai panduan hidup bagi umat Muslim. Memahami dan membaca Al-Qur’an dengan benar sangatlah penting, karena kesalahan dalam membaca bisa mengubah arti dan pesan yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, pendidikan membaca Al-Qur’an dengan penerapan tajwid yang benar harus diajarkan sejak dini. Namun, dalam kenyataannya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari membaca Al-Qur’an disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya pembelajaran mendalam di rumah dan lingkungan sekitar. Melihat situasi dan kondisi Pendidikan sekarang yang menerapkan full day school terutama di SMP Brawijaya Smart School Malang, sehingga peserta didik sepulang sekolah sudah lelah jika ada kegiatan tambahan seperti mengaji di lembaga yang berada di rumah. Oleh sebab itu pentingnya peran sekolah dalam memasukkan kegiatan mengaji di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan implementasi program Smart Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Brawijaya Smart School Malang, 2) Proses implementasi program Smart Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Brawijaya Smart School Malang, 3) Implikasi program Smart Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Brawijaya Smart School Malang Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif, dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi untuk mengamati, wawancara dari berbagai sumber, dan dokumentasi kegiatan dan mencari data yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan implementasi program Smart Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Brawijaya Smart School Malang merujuk pada visi misi sekolah “membentuk karakter religius” dengan menggunakan metode Ummi. Metode Ummi dipilih karena efektif dalam mengajarkan tajwid dan bacaan Al-Qur’an yang benar. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan cara yang sistematis dan mudah dipahami. 2). Proses implementasi program Smart Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Brawijaya Smart School Malang dilakukan melalui langkah-langkah yang terstruktur, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Guru-guru yang terlibat telah mendapatkan pelatihan khusus untuk menerapkan metode Ummi dengan baik, dan pembelajaran dilakukan secara intensif dan berkesinambungan. 3). Implikasi program Smart Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Brawijaya Smart School Malang yaitu menunjukkan bahwa program ini berdampak positif secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Banyak siswa yang menunjukkan peningkatan dalam membaca Al-Qur’an dengan tartil dan lancar serta peningkatan jumlah siswa yang menghafal surat-surat pendek, hal ini ditunjukkan dengan adanya munaqosyah pada kelas 9 Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala seperti perbedaan kemampuan antar siswa dan kurangnya motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Implementasi, Program Smart Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’anen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectProgram Smart Al-Qur’anen_US
dc.subjectKemampuan Membaca Al-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Program Smart Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record