dc.description.abstract | Pada saat ini setiap negara di dunia maupun di indonesia telah memasuki transformasi era society 5.0. Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengantarkan pola baru dalam segala aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Fokus penelitian ini adalah tentang implementasi inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis game quiziz, dan hasil inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bahrul Maghfiroh Malang. Tujuan penelitiannya adalah mendeskripsikan atau mengetahui strategi inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan mendeskripsikan atau hasil inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis game quizizz.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan metode dari Bogdan dan Taylor deskriptif kualitatif metode ini memungkinkan peneliti untuk berhadapan langsung dengan fenomena yang diteliti, yang memungkinkan mereka untuk melihat secara langsung apa yang terjadi antara responden dan peneliti. Kedua, metode ini menyajikan intisari langsung dari interaksi antara responden dan peneliti.
Berdasarkan usaha-usaha didapatkan hasil penelitian bahwa Guru Pendidikan Agama Islam memiliki berbagai macam pilihan strategi pembelajaran dengan menggunakan berbagai maacam metode pembelajaran, dalam membuat pertanyaan guru Pendidikan Agama Islam menggunakan referensi dari internet dan buku paket, pada inovasi pembelajaran memiliki faktor pendukung dan penghambat dari penerapan game quizizz, guru Pendidikan Agama Islam mengambil nilai dengan menggunakan system koreksi otomatis baik secara berkelompok maupun individu, peserta didik merasa puas karena menyenangkan dan lebih semangat dalam belajar sehingga prestasinya lebih bagus, dan peserta didik mampu memahami menggunakan serta lebih canggih dalam membuat game quizizznya sendiri dengan dipandu gurunya.
Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Game Quizizz | en_US |