Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabilah, Fatimah Talitha
dc.date.accessioned2024-10-02T05:24:14Z
dc.date.available2024-10-02T05:24:14Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10308
dc.description.abstractPerkembangan zaman yang semakin pesat telah mengantarkan kita pada era di mana karakter manusia semakin variatif, kemudahan yang diberikan teknologi tak selalu berdampak baik, banyak hal juga yang memengaruhi karakter manusia di dalamnya. Perusakan karakter menjadi banyak dibahas selama beberapa dekade terakhir. Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah karakter mandiri. Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang adalah salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter mandiri melalui pendidikan Akhlak. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya pelajar yang unggul dalam bidang akademik namun rendah dalam berkarakter, sehingga perlu adanya pendidikan karakter sebagai dasar pembentukan diri sejak dini, yang paling gencar dilakukan adalah karakter mandiri. Berdasarkan konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk karakter mandiri, pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk karakter mandiri, serta evaluasi dan hasil dalam melaksanakan pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk karakter mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk karakter mandiri peserta didik di MTs An-Nur Bululawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan MTs An-Nur Bululawang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu pengamatan, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan narasumber dan metode dokumentasi yaitu mencari data-data mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) perencanaan penyusunan silabus dan rencana pembelajaran (RPP), 2) metode dan materi yang digunakan dalam pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk karakter mandiri, 3) bentuk evaluasi dan hasil yang dilakukan oleh guru akidah akhlak untuk pembentukan karakter mandiri melalui peningkatan kemandirian tindakan dan tanggung jawab. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagaimana langkah ke depan dari MTs An-Nur Bululawang untuk dapat meningkatkan nilai-nilai karakter Mandiri peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak yang lebih menarik dan lebih baik agar bisa mencapai tujuan MTs An-Nur Bululawang yang lebih baik, berkarakter, dan berakhlak mulia. Kata Kunci : Pembelajaran, Akidah Akhlak, Karakter Mandirien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.subjectKarakter Mandirien_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Karakter Mandiri Peserta Didik di MTs An-Nur Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record