dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Penerapan Nilai-Nilai akhlak
merupakan hal yang sangat penting untuk melahirkan manusia yang baik.
Penekanan akhlak dalam pendidikan islam adalah jelas. Karena pendidikan islam
bertujuan membangun dan melahirkan insan secara seimbang dan setara demi
merealisasikan fungsi manusia sebagai hamba Allah dan khalifah dimuka bumi
ini. Maka dari itu mulai dari masa dini akhlak telah dipelajari dengan harapan
seseorang akan mendapatkan pelajaran dan pengetahuan untuk selanjutnya
diamalkan. Pondok Modern Al-Rifa’ie adalah salah satu lembaga yang sangat
memperhatikan pendidikan, terutama pendidikan akhlak terbukti dalam
pelaksanaanya lembaga ini memberikan perhatian maksimal sehingga siswa bisa
berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus Penelitian ini adalah 1) bagaimana akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie 2)
bagaimana implementasi nilai-nilai akhlak dalam perspektif kitab akhlaq lil
banaat di SMA Al-Rifa’ie 3) apa faktor pendukung dan hambatan dalam
implementasi nilai-nilai akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie. Dari fokus penelitian
tersebut penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut 1) untuk
mendeskripsikan Akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie 2) untuk mendeskripsikan
implementasi nilai-nilai akhlak dalam perspektif kitab akhlaq lil banaat di SMA
Al-Rifa’ie, serta 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan hambatanhambatan dalam implementasikan nilai-nilai akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis
menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisisnya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan
kesimpulan serta triangulasi data, dengan menggunakan metode deskriptif
kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau ucapan dari narasumber dan
perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan
penelitian yang bersifat menggambarkan secara utuh tentang keadaan yang
sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya
ada di sekolah, disini penulis sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap
data. | en_US |