Show simple item record

dc.contributor.authorKusumaningrum, Lintang Dewi
dc.date.accessioned2020-12-21T02:11:51Z
dc.date.available2020-12-21T02:11:51Z
dc.date.issued2020-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1031
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki latar belakang bahwa Penerapan Nilai-Nilai akhlak merupakan hal yang sangat penting untuk melahirkan manusia yang baik. Penekanan akhlak dalam pendidikan islam adalah jelas. Karena pendidikan islam bertujuan membangun dan melahirkan insan secara seimbang dan setara demi merealisasikan fungsi manusia sebagai hamba Allah dan khalifah dimuka bumi ini. Maka dari itu mulai dari masa dini akhlak telah dipelajari dengan harapan seseorang akan mendapatkan pelajaran dan pengetahuan untuk selanjutnya diamalkan. Pondok Modern Al-Rifa’ie adalah salah satu lembaga yang sangat memperhatikan pendidikan, terutama pendidikan akhlak terbukti dalam pelaksanaanya lembaga ini memberikan perhatian maksimal sehingga siswa bisa berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian ini adalah 1) bagaimana akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie 2) bagaimana implementasi nilai-nilai akhlak dalam perspektif kitab akhlaq lil banaat di SMA Al-Rifa’ie 3) apa faktor pendukung dan hambatan dalam implementasi nilai-nilai akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie. Dari fokus penelitian tersebut penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut 1) untuk mendeskripsikan Akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie 2) untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai akhlak dalam perspektif kitab akhlaq lil banaat di SMA Al-Rifa’ie, serta 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan hambatanhambatan dalam implementasikan nilai-nilai akhlak siswa SMA Al-Rifa’ie. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan serta triangulasi data, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau ucapan dari narasumber dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara utuh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di sekolah, disini penulis sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap data.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasi Nilai-Nilai Akhlaken_US
dc.subjectAkhlaq lil Banaaten_US
dc.titleImplementasi Nilai-Nilai Akhlak Perspektif Kitab Akhlaq Lil Banaat di SMA Al-Rifa’ie Ketawang Gondanglegi Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record