Show simple item record

dc.contributor.authorKusumawati, Intan
dc.date.accessioned2024-10-02T05:37:18Z
dc.date.available2024-10-02T05:37:18Z
dc.date.issued2024-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10332
dc.description.abstractPendidikan menjadi suatu proses perubahan perilaku seseorang melalui pendidikan, pengalaman, dan bimbingan. Ini menunjukkan pentingnya peran pendidik dalam pendidikan. Setiap pelajaran memiliki tantangan tersendiri untuk menarik perhatian pembelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia diajarkan disemua jenjang kendidikan, dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Tentunya dalam pendidikan setiap sekolah harus menerapkan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka peserta didk diberikan kebebsan dalam belajar sesuai dengan bakat dan minat yang dikuasai. Oleh karena itu pendidik juga harus merencanakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Salah datunya yaitu pembelajaran berdiferensiasi memberikan kebebasan dalam belajar pada siswa sesuai dengan potensi dirinya, minat belajar, dan kesiapan siswa tersebut sehingga peran guru dalam pembelajaran ini sangat penting. Hal ini, pendidik harus inovatif dalam menciptakan suasana belajar mengajar dikelas agar dapat tercapainya target belajar peserta didik. Setelah dilakukan observasi terbukti bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Nailul Falaah dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi masih rendah dan perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran. Hasil belajar akan meningkat jika terdapat model pembelajaran yang tepat dan tidak membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPI Nailul Falaah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Terdapat beberapa tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini siswa kelas VIII SMPI Nailul Falaah yang berjumlah 29 siswa. Data dan sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil tes akhir dari setiap siklus, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil tes setiap siklus nantinya akan dianalisis dan kemudian diperhitungkan antara dua siklus dan dibandingkan. Perbandingan dari kedua siklus tersebut akan memberikan gambaran mengenai hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Tahap yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi yaitu menyajikan materi mengenai teks laporan hasil observasi, menyajikan contoh teks laporan hasil observasi melalui video sebagai gambaran dalam mengembangkan data yang disajikan ke dalam paragraf, memberikan arahan kepada peserta didik untuk mencatat bagian yang penting, dan memberikan arahan pada peserta didik untuk membuat teks laporan hasil observasi sesuai dengan tempat yang pernah dikunjungi dan tetap harus memperhatikan struktur dan kebahasaan dalam membuat teks laporan hasil observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari proses ataupun hasil pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi dari data pratindakan, siklus I sampai siklus II telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ketuntasan belajar siswa pada tindakan pelaksaan siklus I mencapai 25 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan siswa yang belum mencapai KKM hanya 4 siswa. Hasil dari pembelajaran siklus II jauh lebih baik dari pada siklus II, pada siklus II semua peserta didik mencapai nilai yang sesuai target. Presentase ketuntasan pada siklus II mencapai 100% dengan 29 siswa, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 90. Uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi pada teks laporan hasil observasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPI Nailul Falaah. Proses pembelajaran ini mengalami peningkatan yang cukup baik. Peserta didik lebih memperhatikan guru saat pembelajaran tidak merasa bosan dan lebih aktif dengan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi. Dapat disimpulkan bawah proses pembelajaran berdiferensiasi dapat memperbaiki proses belajar mengajar yang bertujuan agar peserta didik belajar secara mandiri dan berfikir kritis. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teks Laporan Hasil Observasi, Model Pembelajaran, Berdiferensiasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectTeks Laporan Hasil Observasien_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectBerdiferensiasien_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Teks Laporan Hasil Observasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas VIII SMPI Nailul Falaahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record