dc.description.abstract | Keterampilan menulis yang menjadi salah satu kompetensi penting pada kurikulum merdeka terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Akan tetapi masih banyak peserta didik kelas VIII yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide dan perasaan secara tertulis pada bentuk puisi. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya teknik pembelajaran untuk membantu siswa menuangkan ide dan perasaan mereka. Maka dari itu perlu adanya sebuah teknik yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi secara visual. Salah satu teknik pembelajaran yang dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan menulisnya dalam puisi yakni menggunakan media Mind Mapping. Dengan menggunakan media Mind Mapping dapat membantu peserta didik lebih aktif lagi dan mempermudah dalam proses peningkatan menulis puisi peserta didik kelas VIII. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media Mind Mapping pada siswa kelas VIII SMP Pesantren Nurul Falah Desa Dampit.
Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yakni sebuah penelitian yang menekankan pada ketiagan tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Pesantren Nurul Falah Desa Dampit dengan jumlah peserta didik 16 dengan pelaksanaan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan pada siklus I dan dua kali pertemuan pada siklus II. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Pada penelitian ini hasil yang didapat pada siklus I memperoleh nilai dengan skor rata-rata menulis puisi dengan menggunakan media Mind Mapping sebesar 70. Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh dari menulis puisi dengan menggunakan media Mind Mapping sebesar 85. Ketuntasan menulis puisi dengan menggunakan media Mind Mapping pada kelas VIII SMP Pesantren Nurul Falah mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan sebanyak 7 dengan presentase 44%, sedangkan pada siklus II ketuntasan sebanyak 14 dengan presentase sebesar 87,5%.
Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media Mind Mapping pada siswa kelas VIII SMP Pesantren Nurul Falah dapat meningkat. Hal tersebut dapat diketahui dari kemampuan peserta didik menjadi lebih baik dalam mengembangkan tema, memilih diksi-diksi yang tepat, dan menjadikannya sebuah puisi yang kreatif. Penggunaan media Mind Mapping juga dapat meningkatkan motivasi serta minat peserta didik untuk membantu mengekspresikan ide-ide dan perasaan mereka. Hasil tersebut menujukan jika media Mind Mapping merupakan sebuah teknik pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi untuk meningkatkan keterampilan hasil menulis puisi peserta didik. Dari hasil penelitian diberikan saran khususnya pendidik dapat memberikan pembelajaran yang lebih variasi terutama pada pembelajaran menulis. Selanjutnya, diharapkan apabila peneliti selanjutnya ingin melakukan penelitian yang sama agar dapat lebih menyempurnakan kembali serta penelitian ini dapat diterapkan pada sekolah-sekolah yang memiliki karakteristik yang sama.
Kata Kunci: peningkatan, keterampilan menulis, puisi, media mind mapping | en_US |