Show simple item record

dc.contributor.authorMaulaanaa, ‘Abdul Ghofar
dc.date.accessioned2020-12-21T03:59:03Z
dc.date.available2020-12-21T03:59:03Z
dc.date.issued2020-10-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1040
dc.description.abstractMadrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu jenjang paling dasar pada lembaga pendidikan formal di indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh kementerian agama. Pendidikan madrasah ibtidaiyah ditempuh dalam kurun waktu VI tahun, mulai dari kelas I sampai kelas VI. Kurikulum madrasah ibtidaiyah sama kurikulum sekolah dasar, hanya saja di madrasah ibtidaiyah lebih banyak mengenai pelajaran agama seperti: Al-Qur’an hadist, Aqidah, Fiqih, Sejarah kebudayaan Islam, Bahasa Arab. Dari mata pelajaran juga terdapat nili-nilai keagamaan, dalam pelajaran sangat berpengaruh pada interlalisasi dan aktualisasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menghayati, memelihara dan menumbuhkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah yang dikhususkan pada penelitian ini di MI Al-Fattah Mojolangu Kota Malang yang diberikan oleh guru dan kepala Madrasah sebagai awal untuk menjalankan kehidupan dan tertanam pada diri siswa berupa: nilai Aqidah, nilai Akhlaq dan nilai syari’ah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan. Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan dapat meningkatkan keimanan serta menanamkan nilai-nilai keagamaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data langsung tentang keadaan dan fenomena-fenomena yang terjadi ditempat penelitian dan memudahkan dalam bentuk tulisan. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang bagaimana berlangsungnya unternalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan. Hasil dari penemuan penelitian yang dilakukan penulis adalah: 1.Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada siswa di MI Al-Fattah Mojolangu Kota Malang berupa: a. Mengenalkan tentang keimanan seperti: mengenalkan bacaan Al-Qur’an serta hafalan surat-surat pendek, mengenalkan Rosul, Nabi, dan Malaikat beserta tugas-tugasnya melalui nadhoman atau kitab aqidatul awam, dan mengenalkan Nama-Nama Allah melalui asmaul husna dengan cara bernyanyi beserta artinya. b. Mengenalkan akhlak seperti: Mengenalkan akhlak kepada Allah, mengenalkan akhlaq padi diri sendiri, mengenalkan akhlaq terhadap guru, mengenalkan akhlak dalam keluarga. c. Mengenalkan praktek ibadah seperti: Ibadah sholat sunnah dan wajib beserta wudhu begitupun prakteknya, mengenalkan zakat, mengenalkan haji beserta prakteknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectInternalisasien_US
dc.subjectNilai-Nilai Keagamaanen_US
dc.titleInternalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Keagamaan Di Madrasah ‘Ibtidaiyah Mojolangu Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record