dc.description.abstract | Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu jenjang paling dasar pada lembaga pendidikan
formal di indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh kementerian agama. Pendidikan
madrasah ibtidaiyah ditempuh dalam kurun waktu VI tahun, mulai dari kelas I sampai kelas VI.
Kurikulum madrasah ibtidaiyah sama kurikulum sekolah dasar, hanya saja di madrasah
ibtidaiyah lebih banyak mengenai pelajaran agama seperti: Al-Qur’an hadist, Aqidah, Fiqih,
Sejarah kebudayaan Islam, Bahasa Arab. Dari mata pelajaran juga terdapat nili-nilai keagamaan,
dalam pelajaran sangat berpengaruh pada interlalisasi dan aktualisasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menghayati, memelihara dan
menumbuhkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan
masalah internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah yang
dikhususkan pada penelitian ini di MI Al-Fattah Mojolangu Kota Malang yang diberikan oleh
guru dan kepala Madrasah sebagai awal untuk menjalankan kehidupan dan tertanam pada diri
siswa berupa: nilai Aqidah, nilai Akhlaq dan nilai syari’ah.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi dan
aktualisasi nilai-nilai keagamaan. Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan dapat
meningkatkan keimanan serta menanamkan nilai-nilai keagamaan.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan
untuk memperoleh data langsung tentang keadaan dan fenomena-fenomena yang terjadi ditempat
penelitian dan memudahkan dalam bentuk tulisan. Wawancara dan dokumentasi digunakan
untuk menggali data tentang bagaimana berlangsungnya unternalisasi dan aktualisasi nilai-nilai
keagamaan.
Hasil dari penemuan penelitian yang dilakukan penulis adalah: 1.Internalisasi dan
aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada siswa di MI Al-Fattah Mojolangu Kota Malang berupa: a.
Mengenalkan tentang keimanan seperti: mengenalkan bacaan Al-Qur’an serta hafalan surat-surat
pendek, mengenalkan Rosul, Nabi, dan Malaikat beserta tugas-tugasnya melalui nadhoman atau
kitab aqidatul awam, dan mengenalkan Nama-Nama Allah melalui asmaul husna dengan cara
bernyanyi beserta artinya. b. Mengenalkan akhlak seperti: Mengenalkan akhlak kepada Allah,
mengenalkan akhlaq padi diri sendiri, mengenalkan akhlaq terhadap guru, mengenalkan akhlak
dalam keluarga. c. Mengenalkan praktek ibadah seperti: Ibadah sholat sunnah dan wajib beserta
wudhu begitupun prakteknya, mengenalkan zakat, mengenalkan haji beserta prakteknya. | en_US |