View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Pengalaman Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unisma

Thumbnail
View/Open
Fulltext (4.996Mb)
Date
2024-08-29
Author
Nisa, Salwa Khairun
Metadata
Show full item record
Abstract
Salwa Khairun Nisa, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Agustus 2024. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Pengalaman Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unisma. Pembimbing I : Dr. dr. Marindra Firmansyah, M. Med. Ed, Pembimbing II : dr. Lutfi Rachman, MMRS. Pendahuluan: Perubahan sistem pembelajaran di Fakultas Kedokteran di Indonesia, dari yang berfokus pada pengajar menjadi yang berfokus pada mahasiswa, telah membawa dampak signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam pembelajarannya. Namun, adanya perubahan ini menimbulkan masalah baru terutama dikarenakan kurangnya kesiapan mahasiswa dalam belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kecerdasan intelektual dan pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar mandiri di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang dengan menilai faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa saat ini. Metode: Penelitian deskriptif analitik cross sectional dilaksanakan pada Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang dengan 174 mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi sebagai sampelnya. Kecerdasan intelektual dianalisa menggunakan Intelligenz Struktur Tes dan pengalaman belajar dianalisa menggunakan jumlah SKS yang ditempuh. Kesiapan belajar mandiri diukur menggunakan kuesioner Self Directed Learning Instrument. Data dianalisa dan p value <0,05 dan dianggap signifikan Hasil: Uji analisa statistik pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kesiapan belajar mandiri didapatkan nilai p=0,206 (p-value <0,05). Sedangkan hasil pengaruh pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar mandiri didapatkan nilai p=0,855 (p-value<0,05). Uji besaran pengaruh menunjukkan R-Square sebesar 1,4%. Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar mandiri. Faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini lebih berpengaruh terhadap kesiapan belajar mandiri. Kata Kunci: Kecerdasan intelektual, pengalaman belajar, kesiapan belajar mandiri
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10437
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group