Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Pengalaman Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unisma
Abstract
Salwa Khairun Nisa, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Agustus 2024. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Pengalaman Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unisma. Pembimbing I : Dr. dr. Marindra Firmansyah, M. Med. Ed, Pembimbing II : dr. Lutfi Rachman, MMRS.
Pendahuluan: Perubahan sistem pembelajaran di Fakultas Kedokteran di Indonesia, dari yang berfokus pada pengajar menjadi yang berfokus pada mahasiswa, telah membawa dampak signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam pembelajarannya. Namun, adanya perubahan ini menimbulkan masalah baru terutama dikarenakan kurangnya kesiapan mahasiswa dalam belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kecerdasan intelektual dan pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar mandiri di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang dengan menilai faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa saat ini.
Metode: Penelitian deskriptif analitik cross sectional dilaksanakan pada Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang dengan 174 mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi sebagai sampelnya. Kecerdasan intelektual dianalisa menggunakan Intelligenz Struktur Tes dan pengalaman belajar dianalisa menggunakan jumlah SKS yang ditempuh. Kesiapan belajar mandiri diukur menggunakan kuesioner Self Directed Learning Instrument. Data dianalisa dan p value <0,05 dan dianggap signifikan
Hasil: Uji analisa statistik pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kesiapan belajar mandiri didapatkan nilai p=0,206 (p-value <0,05). Sedangkan hasil pengaruh pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar mandiri didapatkan nilai p=0,855 (p-value<0,05). Uji besaran pengaruh menunjukkan R-Square sebesar 1,4%.
Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar mandiri. Faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini lebih berpengaruh terhadap kesiapan belajar mandiri.
Kata Kunci: Kecerdasan intelektual, pengalaman belajar, kesiapan belajar mandiri