Pengaruh Kemampuan Critical Thinking dan Clinical Reasoning Terhadap Hasil Tes Kognitif Mahasiswa Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang
Abstract
Riska Amelia Khoirun Nisa, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam malang, Agustus 2024. Pengaruh Kemampuan Critical Thinking dan Clinical Reasoning terhadap Hasil Tes Kognitif Mahasiswa Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pembimbing 1: dr. Hj. Rizki Anisa, M. Med. Ed., Pembimbing 2: dr. Fathia Annis Pramesti, Sp. N, M. Biomed.
Pendahuluan: Tes kognitif mahasiswa profesi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang memiliki pengaruh simultan sebesar 43% terhadap kelulusan CBT UKMPPD periode Agustus 2018-Agustus 2021. UKMPPD merupakan ujian yang menitikberatkan prinsip ilmu kedokteran dasar dan praktik klinik yang mengutamakan dasar patofisiologi, clinical reasoning, serta critical thinking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan critical thinking dan clinical reasoning terhadap hasil tes kognitif mahasiswa profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.
Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel menggunakan teknik total sampling dengan responden sebanyak 239 mahasiswa. Data primer diambil dengan instrumen kuesioner Critical Thinking Disposition Self Rating Form dan Diagnostic Thinking Inventory, sedangkan data sekunder berupa nilai progress test diperoleh dari bagian akademik. Data dianalisa menggunakan uji regresi linier berganda dan uji komparasi Kruskal-Wallis.
Hasil: Hasil uji regresi linier berganda variabel critical thinking dan clinical reasoning didapatkan hasil adanya pengaruh signifikan terhadap hasil progress test dengan p-value <0,05. Hasil uji komparasi Kruskal-Wallis variabel hasil tes kognitif didapatkan hasil perbedaan signifikan pada mahasiswa profesi dokter tingkat semester 1 s.d. 6 dengan p-value <0,05, sedangkan variabel critical thinking dan clinical reasoning didapatkan p-value >0,05.
Kesimpulan: Kemampuan critical thinking dan clinical reasoning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil progress test mahasiswa profesi dokter.
Kata Kunci: Critical Thinking, Clinical Reasoning, Progress Test, Mahasiswa Profesi Dokter.