Penerapan Metode Simulasi Pada Mata pelajaran fikih Materi Talak, Khuluk Dan Fasakh Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik MAN Kota Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Azhari, Muhammad Holqi Rizki
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:12:27Z
dc.date.available 2020-12-21T04:12:27Z
dc.date.issued 2020-11-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1051
dc.description.abstract Pada mata pelajaran fikih materi talak dan fasakh didominasi oleh materi konsep, sehingga peserta didik membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi, maka besar kemungkinan akan menyebabkan peserta didik gampang bosan dalam memahami materi tersebut jika pengemasan materinya tidak tepat. Pasca penelitian, peneliti melaksanakan proses Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama +- 1 bulan sembari melakukan micro observation pada pembelajaran fikih di kelas XI Agama MAN Kota Batu pada bulan september 2019. Berdasarkan observasi tersebut, peneliti menemukan peroblematika yang menunjukkan peserta didik kurang berminat mengikuti pembelajaran. Fenomena itu ditandai dari beberapa perilaku peserta didik ketika mengikuti proses belajar mengajar, seperti peserta didik masih banyak yang kurang fokus dengan penjelasan guru didepan, peserta didik lebih tertarik mengobrol dengan teman sebelahnya, beberapa peserta didik yang lain ada sebagian yang memperhatikan namun hal tersebut terjadi jika guru sedang memperhatikan mereka, jika guru sudah fokus pada peserta didik yang lain, fokus mereka teralihkan lagi kepada hal lain. Pada penelitian ini, peneliti menemukan beberapa masalah yang tercantum dalam konteks penelitian terkait dengan minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fikih materi Talak, Khuluk, dan Fasakh di kelas XI Agama MAN Kota Batu. Setelah peneliti mengadakan pra observasi maka ditemukan penyebab serta solusi yang dapat memberikan jalan keluar dari peroblematika yang ditemukan, yaitu dengan menerapkan metode simulasi. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK), dimana peneliti menerapkan 2 siklus, dalam 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan dalam 1 pertemuan terdiri 2x45menit. Sebagai barometer penentuan meningkatkan minat peserta didik maka peneliti menetapkan skor ≥25 sehingga minat belajar peserta didik dikatagorikan diatas rata-rata. Pemeroleh data diambil dari hasil akumulasi lembar observasi, angket, dan wawancara, diperkuat lagi dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif antara peniliti dengan guru bidang studi yang bersangkutan. Subjek penelitian ini ada peserta didik kelas XI Agama MAN Kota Batu yang berjumlah 28 peserta didik, dengan 12 orang peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Pebruari 2020 di MAN Kota Batu yang beralamat di Jalan Pattimura No.25, Temas, Kecamatan batu, Kota Batu Jawa Timur 65135. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan 2 siklus, 1 siklus berisi 1 pertemuan dengan rincian watu 1x45 menit setiap pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan angket. Adapun teknik analisis data dalam metode ini adalah secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil minat belajar peserta didik pada awal pra siklus atau sebelum peneliti memberikan tindakan dengan metode simulasi diperoleh skor 16,5 tergolong rendah. Maka dengan penerapan metode simulasi pada pembelajaran fikih meningkat menjadi 21,62 pada siklus I tergolong tinggi. Namun karena setelah refleksi beberapa ada yang masih belum maksimal, maka berpedoman pada desain PTK dari miliknya MC Taggart dan Kemmis dimana peneliti dalam sebuah penelitian tindakan kelas dapat melanjutkan ke siklus meskipun pada siklus pertama target sudah tercapai, dengan tujuan untuk memperkuat data pada siklus pertama, ada prosedurnya sama dengan siklus I dengan memberikan perbaikan dari hasil refleksi sebelumnya. Maka peneliti peneliti memutuskan untuk lanjutkan ada siklus ke dua, pada akhirnya memperoleh skor rata tidak jauh dari siklus pertama yaitu 21,70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teknik meningkatkan minat belajar peserta terhadap pembelajaran fikih bahasan Talak, Khuluk, dan Fasakh dengan menggunakan metode simulasi di MAN Kota Batu, Jawa Timur. Terkait dengan saran pada penelitian ini, dalam proses pembelajaran guru hendaknya melakukan analis materi terlebih dahulu, ini akan mempermudah guru dalam menentukan sebuah metode pembelajaran yang akan diterapkan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Metode Simulasi en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title Penerapan Metode Simulasi Pada Mata pelajaran fikih Materi Talak, Khuluk Dan Fasakh Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik MAN Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account