Pengaruh Lama Pengalaman Belajar atau Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang
Abstract
Andi Melli Kamalia, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Juli 2024. Pengaruh Lama Pengalaman Belajar Atau Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang. Pembimbing I : Dr. dr. Marindra Firmansyah, M. Med. Ed, Pembimbing II : dr. Dewi Martha Indria, M. Kes, IBCLC
Pendahuluan: Kesiapan belajar (Self Directed Learning Readiness) merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk dapat menunjang hasil belajar yang baik. Oleh sebab itu, pada pendidikan kedokteran dilakukan sebuah perubahan terhadap metode belajar. Perubahan metode belajar tersebut yang semula dengan metode Teacher Centered Learning berubah menjadi Student Centered Learning. Terjadinya perubahan tersebut memicu munculnya permasalahan bagi mahasiswa. Permasalahan tersebut terkait dengan ketidaksiapan mahasiswa dalam menjalani pembelajaran dengan metode tersebut, di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang masih ditemukan mahasiswa yang memiliki kesiapan belajar yang kurang. Pada penelitian terdahulu, terutama yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ditemukan bahwa kesiapan belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tetapi penelitian tersebut lebih terfokus terhadap faktor eksternal dibandingkan faktor internal. Sehingga penilitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh faktor internal yaitu lama pengalaman belajar dan kecerdasan emosional terhadap kesiapan belajar.
Metode: Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan secara cross-sectional. Responden pada penelitian ini merupakan mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang tingkat pertama dan kedua sebanyak 183 mahasiswa. Lama pengalaman belajar diukur berdasarkan semester yang telah mahasiswa tempuh. Kecerdasan emosional merupakan data sekunder yang didapatkan dari Unit Bimbingan Konseling Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Kesiapan belajar mahasiswa diukur dengan kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale. Analisis data menggunakan regresi logistik.
Hasil: Pada penelitian ini diperoleh responden tingkat satu sebanyak 93 mahasiswa dan responden tingkat kedua sebanyak 90 mahasiswa. Responden terdiri dari 48 laki-laki dan 135 perempuan. Hasil uji analisis statistik pengaruh lama pengalaman belajar terhadap kesiapan belajar didapatkan nilai p=0,191 (p- value<0,05). Sedangkan hasil pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan belajar didapatkan nilai p=0,081 (p-value<0,05). Hasil R-square didapatkan nilai 0,035 (3,5%).
Kesimpulan: Kedua variabel independen tersebut tidak memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kesiapan belajar. Kemungkinan terdapat faktor-faktor lain yang memberikan pengaruh lebih besar terhadap kesiapan belajar.
Kata Kunci: Lama pengalaman belajar, kecerdasan emosional, kesiapan belajar